Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menggelar pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi masyarakat di daerah itu.

Ketua PMI Ogan Komering Ulu (OKU), Yunizir Djakfar di Baturaja, Senin mengatakan, pelayanan pemeriksaan kesehatan yang digelar di Taman Kota Baturaja ini merupakan program kerja nyata PMI yang bermanfaat bagi masyarakat agar hidup sehat.

"Program kerja PMI OKU memberikan pelayanan dalam bentuk kegiatan nyata yang bermanfaat untuk kebaikan umat," katanya.

Baca juga: PMI DKI serah terima bantuan huntara untuk penyintas gempa bumi di Pasaman
Baca juga: Tingkatkan peran kehumasan 30 personel PMI diberikan pelatihan khusus

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan disela kegiatan olahraga bersama masyarakat Kabupaten OKU yang digelar di Taman Kota Baturaja.

Dalam pemeriksaan kesehatan pihaknya menyediakan pelayanan cek golongan darah, tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolestrol dan asam urat.

Menurut dia, agenda rutin yang dilakukan PMI itu disambut antusias oleh masyarakat Kota Baturaja ibu Kota Kabupaten OKU mulai dari kalangan remaja hingga lansia yang memeriksakan kesehatannya secara gratis.

Baca juga: PMI Sumatera Barat lakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas TNI-Polri

Berdasarkan catatan PMI OKU hampir 200 orang warga yang memanfaatkan pelayanan tersebut dengan jumlah paling banyak melakukan pemeriksaan tekanan darah mencapai 73 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Yunizir juga mengajak masyarakat Kota Baturaja untuk menjadi pendonor sukarela secara rutin guna membantu sesama yang membutuhkan darah.

"Selain dapat menjaga kesehatan, mendonorkan darah secara rutin juga menjadi ladang pahala karena setetes darah sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkan," ujar dia.

Pewarta: Edo Purmana

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022