Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Jawa Barat mencatat kenaikan harga hewan kurban baik sapi maupun kambing dan domba di lingkungan Rumah Potong Hewan (RPH) Bubulak mencapai 20 persen, tergantung bobotnya.
 
Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) RPH Terpadu DKPP Kota Bogor, Didong Suherbi, saat dikonfirmasi di Kota Bogor, Selasa, mengatakan, kenaikan harga hewan kurban dipengaruhi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang isunya terlalu mengkhawatirkan masyarakat menjelang Idul Adha 1443 Hijriah ini.
 
"Sebetulnya harga ada yang standar, tapi ada juga yang naik, karena distribusinya dari daerah lain saat ini sulit," jelas Didong.

Didong menyampaikan kenaikan harga karena adanya isu PMK yang membuat ketidakpastian bagi pedagang maupun pembeli, sehingga permintaan maupun pasokan jadi menurun.
 
Kenaikan harga sapi hidup berukuran kecil rata-rata berbobot 300 kilogram naik dari Rp21 juta tahun lalu menjadi Rp25 juta. Begitupun hewan kurban kambing dengan bobot 30 kilogram dijual rata-rata Rp2,4 juta dari harga tahun lalu pada momen Idul Adha.
 
Jumlah stok sapi dan kambing menjelang Idul Adha biasa mencapai 1.500 ekor di RPH Bubulak, kini hanya tersedia 488 sapi dan 150 kambing.

Didong menjelaskan, menurut data yang dilaporkan harga sapi potong dari impor juga naik dari sekitar Rp45.000 menjadi Rp57.000 per kilogram berat hidup. Harga sapi lokal naik dari sekitar Rp55.000 menjadi Rp65.000 - Rp75.000 per kilogram berat hidup dan kambing atau domba Rp100.000 per kilogram berat hidup.
 
Namun demikian, rata-rata pedagang sapi maupun kambing hidup sejak lama, kata dia, tidak menimbang ternaknya ketika ditawarkan kepada pembeli. Mereka memiliki cara tersendiri untuk menaksir harga penawaran hewan ternaknya kepada pembeli melalui penampakan, mulai dari bentuk, tinggi dan lain-lain.
 
Menurutnya, di tengah ketidakpastian penjualan sapi dan kambing jelang Idul Adha ini, langkah cepat penanganan PMK adalah kunci kepercayaan masyarakat untuk mengkonsumsi daging sapi dan kambing juga pulih.
 
Dari 54 sapi yang terkena PMK di RPH Bubulak, kini sisa 33 sapi yang sedang dalam pemulihan dengan waktu yang cepat selama sepekan ini. Sementara, 12 kambing di luar RPH Bubulak juga sudah pulih.
 
Baca juga: Wali Kota Bogor: 54 sapi di RPH Bubulak bergejala PMK
Baca juga: Pemkot Bogor turunkan target kedatangan hewan kurban pada Idul Adha 1443 Hijriah
Baca juga: RPH Bubulak Kota Bogor terima permintaan pemotongan 400 ekor hewan kurban

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022