Pebalap Ferrari Charles Leclerc mendapat penalti tambahan pada Sabtu kemarin karena melebihi alokasi power unit sehingga ditempatkan start dari posisi paling belakang di Grand Prix Kanada pada Minggu. 

Hukuman itu menjadi pukulan berat sang pebalap Monako dalam perebutan gelar musim ini melawan pebalap Red Bull Max Verstappen, yang tampil tercepat di dua sesi latihan di Montreal pada Jumat.

Federasi Otomotif Internasional (FIA), seperti dilansir Reuters, Sabtu, menyatakan Ferrari telah menggunakan empat mesin pengapian (combustion engine), kelebihan satu dari alokasi yang diizinkan dalam satu musim.

Leclerc juga telah menggunakan satu kontrol elektronik lebih banyak dari yang diizinkan pada sesi latihan Jumat, menyebabkan ia dijatuhi penalti mundur 10 posisi start karena pelanggaran pertama tersebut.

Ferrari juga menggunakan turbocharger tambahan, keempat kalinya yang dipakai Leclerc ketika hanya tiga yang diperbolehkan dipakai tanpa terkena penalti. Tim itu juga melakukan pelanggaran lagi karena menggunakan motor generator tambahan.

Baca juga: Pebalap Tim Fearri Leclerc kena penalti di GP Kanada
Baca juga: Leclerc cetak lap terbaik pada sesi latihan Grand Prix Monako
Baca juga: Leclerc tercepat di FP2 Grand Prix Spanyol, Mercedes pamer kecepatan



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Penalti tambahan kirim Leclerc start paling belakang di GP Kanada

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022