Jumlah pasien COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong kini tinggal satu orang, setelah angka penularan melandai di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Sekarang tinggal satu (pasien), semalam ada dua pasien.  Artinya, sudah sangat landai. Padahal dulu kasus COVID mencapai 400 kasus yang dirawat di sini," kata Direktur Utama RSUD Cibinong, dr Wahyu Eko Widiharso di Bogor, Selasa.

Menurutnya, penurunan kasus COVID-19 di Cibinong sudah terjadi sejak sebulan belakangan. Eko menganggap, vaksinasi merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam penurunan kasus ini.

Wahyu menyebutkan, tingkat keterisian tempat tidur pasien COVID-19 di RSUD Cibinong kini berada di kisaran angka satu hingga 10 pasien.

"Kalau dulu (varian) Delta, waktu Juli kemarin, ketika terkena langsung demam, sesak, banyak yang meninggal. Kalau sekarang sudah jarang. Kalau Omicron ini yang meninggal tidak terlalu banyak, paling satu persen, dua persen," ujar Eko.

Sementara, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan bersyukur kasus COVID-19 di Kabupaten Bogor kian melandai. Ia berharap penurunan kasus ini menjadi optimisme untuk pemulihan ekonomi ke depan.

"Alhamdulillah di RSUD Cibinong ini yang COVID tinggal satu, mudah-mudahan segera pulang. Ke depan kita optimistis kesehatan, ekonomi dan kegiatan lainnya, dengan kasus yang rendah, bisa kembali seperti biasa," kata Iwan.*

Baca juga: Kabupaten Bogor kerahkan tim "Vaksin Hunter" datangi warga yang belum vaksinasi
Baca juga: Kabupaten Bogor harapkan bantuan agar turun ke level dua seperti Jabodetabek

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022