Bogor (Antara Megapolitan) - Sebanyak 13.726 pengunjung memadati Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, pada hari pertama tahun 2016.

"Hari ini jumlah pengunjung kebun raya sebanyak 13.726 wisatawan domestic. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan libur kemarin," kata Petugas Pengawas Pelayanan Jasa Kebun Raya Bogor, Upun Punijar, di Bogor, Jumat.

Ia mengatakan, pengunjung telah berdatangan ke Kebun Raya Bogor sejak pagi. Mereka didominasi oleh rombongan keluarga yang datang dari wilayah Jabodetabek. Banyaknya jumlah pengunjung, juga didukung oleh cuaca yang cerah pada hari pertama tahun baru.

"Cuaca hari ini sangat mendukung, dari pagi hingga siang, karena sore hari sudah turun hujan, jam operasional ditutup lebih awal," katanya.

Menurut dia, kunjungan wisatawan ke Kebun Raya Bogor mengalami lonjakan selama beberapa minggu terakhir karena bertepatan dengan libur sekolah, Maulid Nabi Muhammad SAW dan Natal.

Tercatat pada Kamis (24/12/2015) jumlah pengunjung yang memadati kebun peninggalan Belanda tersebut sebanyak 7.000 wisatawan. Jumlah tersebut meningkat keesokan harinya Jumat (25/12) sebanyak 8.000 lebih wisatawan.

Lonjakan pengunjung cukup signifikan terjadi pada hari Sabtu (26/12) tercatat, sebanyak 11.193 wisatawan yang datang berlibur, ditambah 39 wisatawan asing.

Dari 13.762 wisatawan yang datang berlibur ke Kebun Raya Bogor, jumlah wisatawan yang mengendarai motor sebanyak 565 unit, dan sepeda sebanyak 12 unit.

"Total pendapatan dari penjualan tiket hari ini sebesar Rp196 juta," kata Upun.

Menurut Upun, jumlah kunjungan wisatawan pada 1 Januari 2016 ini cukup signifikan bila dibandingkan dengan tanggal yang sama di tahun 2015 lalu yang hanya mencapai 10.047 wistawan.

Kebanyakan pengunjung yang datang berwisata ke Kebun Raya Bogor merupakan wisatawan domestik yang datang dari wilayah Jabodetabek. Mereka umumnya terdiri dari keluarga, dan pasangan maupun perorangan.

"Kebanyakan keluarga, mereka banyak datang bersama anak dan orang tua. Mereka ada yang mau berlibur ke Puncak, karena terjebak macet, jadi singgah dulu ke Kebun Raya Bogor untuk berkumpul bersama keluarga," katanya.

Selama libur akhir pekan ini, pengelola Kebun Raya Bogor tidak menaikkan harga tiket masuk. Tiket berlaku untuk anak usia empat tahun ke atas, dengan tarif Rp 14.000 per orang. Tiket juga sudah termasuk asuransi bagi pengunjung.

Kepadatan kunjungan Kebun Raya Bogor terlihat dari luar, parkir kendaraan pribadi parkir di bahu jalan sekeliling Kebun Raya Bogor, seperti di Jalan Juanda dekat pintu tiga depan Kantor Pos.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016