Aktivis mahasiswa ITB era 80-an sekaligus pegiat demokrasi yang juga Ketua Dewan Direktur Sabang Merauke Circle (SMC) Syahganda Nainggolan memperkirakan aksi mahasiswa akan membesar menyoal kenaikan harga kebutuhan masyarakat dan isu-isu aktual lain. 

Menurut Syahganda dalam keterangan tertulis yang diterima di Kota Bogor, Minggu, aksi barisan mahasiswa ini akan bergulir dengan dibanjiri dukungan pihak lain seperti rakyat secara umum termasuk elemen lain. 

Menurut Syahganda, banyak alasan yang membuat mahasiswa mengkritisi kebijakan kebijakan pemerintah.

Ia melihat mahasiswa juga menunjukkan keprihatinannya atas penderitaan rakyat yang semakin dalam akibat kenaikan harga kebutuhan pokok serta kenaikan harga-harga lain yang tidak rasional.

"Jadi, sudah bertemu isu kultural (identitas maupun isu korupsi dan demokrasi) dengan isu struktural (masalah ekonomi). Inilah beban bangsa yang akan dibawa oleh mahasiswa beserta rakyat," ujar Syahganda.

Sementara itu Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo memastikan Polri akan memberikan pengawalan dan pengamanan terhadap unjuk rasa mahasiswa pada 11 April 2022 sesuai aturan dan prosedur operasi standar.

Ia mengatakan Polri menghormati kemerdekaan menyampaikan pendapat sebagai hak konstitusional setiap warga negara yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998.

"Polri berkewajiban untuk melayani dan mengamankan jalannya kegiatan tersebut," kata Dedi saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu malam.

Dedi menjelaskan, personel dari Polda Metro Jaya yang akan diterjunkan untuk mengawal dan mengamankan jalannya aksi.

"Polda Metro Jaya sudah menyiapkan pengawalan dan pengamanan kegiatan dengan berpedoman pada SOP dan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Dedi.

Selain itu, Dedi juga berpesan kepada para mahasiswa yang akan menyampaikan aspirasi untuk mematuhi protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir.

Ia juga mengingatkan para mahasiswa yang akan menyampaikan aspirasinya untuk tetap menghormati hak masyarakat lain, di antaranya pengguna jalan.

"Insya Allah masyarakat juga sudah paham kewajiban-kewajiban yang dilakukan. Semoga besok berjalan aman dan damai apalagi dilaksanakan di bulan penuh kebaikan," ujar Dedi.


 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022