Jombang, Jawa Timur (Antara Megapolitan) - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menghadiri peringatan haul keenam atas wafatnya mantan Presiden RI Abdurahman Wahid di Pesantren Tebuireng, Jombang, Provinsi Jawa Timur.

Menurut pantauan Antara di Jombang pada Sabtu sore, Wapres JK tiba di Pesantren Tebuireng pada sekitar pukul 17.45 WIB.

Wapres yang mengenakan pakaian muslim berwarna putih disambut oleh Pemimpin Pondok Pesantren Tebuireng Solahuddin Wahid.

Dalam acara tersebut, Wapres telah shalat Maghrib dan Isya berjamaah dengan para santri dan undangan yang hadir.

Selain Solahudin Wahid, tokoh masyarakat yang akan mengisi acara haul tersebut antara lain Pemimpin Pondok Pesantren Tambak Beras Jamaluddin Ahmad dan Pemimpin Pondok Pesantren Al Anwar Sarang, Kabupaten Rembang Maimun Zubair.

Wapres juga akan memberikan sambutan dalam peringatan haul Abdurahman Wahid, yang dikenal dengan Gus Dur, yang dihadiri oleh sekitar 2 ribu undangan.

Selain menghadiri haul Gus Dur, Wapres pada Sabtu siang juga melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Provinsi Jawa Timur antara lain meninjau PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kabupaten Tuban.

Kalla juga telah meninjau proyek lapangan Minyak dan Gas Banyu Urip Blok Cepu di Kabupaten Bojonegoro.

Menurut agenda Sekretariat Wapres, JK direncanakan kembali ke Jakarta pada sekitar pukul 21.00 WIB dari Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur.

Presiden RI ke-4 Gus Dur wafat pada 30 Desember 2009 pada usia ke 69 di Jakarta. Dia lahir di Jombang, Jawa Timur pada 7 September 1940 sebagai anak pertama dari pasangan KH Wahid Hasyim dan Hj Sholehah. 

Pewarta: Bayu Prasetyo

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015