Sleman (Antara Megapolitan) - Kawasan objek wisata Gardu Pandang Kaliurang, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah disulap menjadi hutan lampion yang gemerlap.

"Kaliurang di malam hari kini tidak lagi gelap, namun berubah menjadi gemerlap lampu lampion beraneka bentuk dan warna,"  kata tim kreatif PT Taman Pelangi Solikin Swiji di Sleman, Minggu.

Menurut dia, selama ini kawasan wisata Kaliurang belum memiliki atraksi wisata malam yang bisa dinikmati wisatawan. Namun sejak 10 Desember 2015 hingga 31 Januari 2016 pukul 16.00 hingga 22.00 WIB, kawasan gardu pandang disulap menjadi hutan lampion

"Kami bersama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman berupaya memberikan suguhan yang istimewa kepada wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sleman khususnya saat liburan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016," katanya.    

Ia mengatakan kemeriahan hutan lampion dengan tema "Jurrasic & Romantic Garden Lantern", "live music perform" berbagai genre, "magician contest", kuliner dan aneka permainan anak yang digelar setiap malam akan menjadikan pilihan utama bagi wisatawan yang berlibur di Yogyakarta.

"Selain menikmati suasana malam yang romantik, berbagai pemandangan aneka bentuk dan jenis lampion, wisatawan akan dengan mudah mendapatkan aneka hidangan kuliner yang juga disuguhkan oleh para pedagang lokal," katanya.

Solikin mengatakan suasana seperti ini akan menjadi ajang wisata malam yang cocok untuk wisata keluarga dan anak-anak.

"Khususnya bagi wisatawan yang pada akhir tahun 2015 berlibur ke Yogyakarta," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi mengatakan pada akhir 2015, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melakukan upaya-upaya strategis untuk meningkatkan kualitas objek wisata, khususnya di kawasan Kaliurang.

"Salah satunya melalui kerja sama dengan PT Taman Pelangi melakukan pengemasan wisata malam di kawasan Gardu Pandang Kaliurang dengan konsep 'Festival of Lights' bertema 'Jurrasic & Romantic Garden Lantern'," katanya.

Menurut dia, konsep itu menjadikan kawasan tersebut bagaikan hutan lampion dengan aneka warna dan bentuk, mulai dari aneka jenis binatang, aneka jenis bunga hingga padang rumput lampion.

"Dengan konsep tersebut diharapkan akan menjadikan Kaliurang sebagai pilihan utama bagi wisatawan saat liburan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 khususnya pada malam hari," katanya.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015