Pemerintah pusat secara resmi meluncurkan program asuransi pertanian berbasis Area Yield Index (AYI) di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Pelaksana Tugas Asda 2 Pemkab Karawang Hanafi, di Karawang, Rabu mengatakan uji coba asuransi pertanian berbasis AYI ini dilaksanakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kemen PPN/Bappenas).

Baca juga: Distan Karawang ajak petani ikut program AUTP untuk antisipasi gagal panen
Baca juga: Bupati Bogor bagikan kartu tani untuk petani sebagai asuransi lahan pertanian

Ia mengatakan, uji coba asuransi pertanian berbasis AYI bertujuan untuk memberikan kepastian kepada petani dalam melakukan usaha tani apabila panen aktual lebih rendah dibandingkan dengan indeks ambang batas.

Menurut dia, Pemkab Karawang mengapresiasi Kementerian PPN/Bappenas yang telah membantu pihaknya dalam memberikan perlindungan bagi para petani.

"Dengan adanya pola baru untuk perlindungan kepada petani, kami atas nama pemerintah daerah juga menyambut baik sehingga ada pilihan bagi para petani kita untuk mengasuransikan lahannya," kata dia.

Baca juga: Karawang siapkan Rp1,3 miliar untuk asuransi usaha tani

Sementara itu, uji coba asuransi pertanian berbasis AYI itu diresmikan secara virtual pada Rabu ini oleh Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Arifin Rudiyanto yang mewakili Kementerian PPN/Bappenas. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022