Anggota Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Saepudin Muhtar, MSos alias Gus Udin mengajak para peserta Rumpin University Expo untuk meningkatkan daya saing pendidikan.

"PR (pekerjaan rumah) kita bersama, yang menjadi kewajiban dan tuntutan kita bersama, satu yang paling terpenting untuk meningkatkan SDM adalah pendidikan," ungkapnya usai menghadiri Rumpin University Expo di Rumpin, Bogor, Selasa.

Menurutnya, perlu upaya masif meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan. Pasalnya, berdasarkan survei IMD World Competitiveness ranking tahun lalu, Indonesia menempati peringkat 37 dunia dari total 64 negara yang disurvei.

Baca juga: Muhammadiyah Bogor ikut dorong Gus Udin maju jadi senator DPD RI
Baca juga: Pemkab siapkan anggarkan Rp850 miliar untuk pembangunan di Bogor Barat

Gus Udin mengajak para peserta kegiatan yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Rumpin (HMR) untuk giat meningkatkan kualitas diri. Proses peningkatan daya saing tersebut salah satunya bisa dilakukan dengan cara meningkatkan kemampuan dan pengetahuan wawasan.

Pasalnya, kini penduduk dunia angkanya mencapai 7,7 miliar jiwa, kemudian 270 juta jiwa di antaranya merupakan populasi penduduk Indonesia.

"Khusus di Kabupaten Bogor saja jumlah penduduknya ada 5,4 juta jiwa. Di Kabupaten Bogor sendiri sekitar 28 persen adalah generasi Z, dan sekitar 27,9 persen adalah generasi milenial," kata Gus Udin yang juga merupakan Ketua Bidang Pendidikan di Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor.

Baca juga: Gus Udin ajak mahasiswa jadi kontrol sosial untuk Pemkab Bogor

Ia berpesan kepada seluruh peserta agar dapat bermimpi dan berfikir futuristik, terlebih untuk menghadapi bonus demografi pada tahun 2045.

"Kondisi dunia ini sudah mengglobal, borderless tanpa batas, tidak ada lagi batas antar negara, artinya persaingan hari ini tidak hanya di level lokal dan nasional tetapi juga di tingkat global," paparnya.

Rumpin University Expo merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh HMR, dengan menghadirkan para mahasiswa dari berbagai kampus dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022