Direktur Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) Kota Bogor Lies Permana Lestari mengumumkan layanan Biskita Trans Pakuan sudah bisa diakses di aplikasi Teman Bus dengan ongkos yang masih gratis.
 
“Biskita Trans Pakuan kini ada di aplikasi Bus Teman. Silahkan download dan nanti pilih kota ‘Bogor’, akan jelas semua informasinya,” kata Lies Permana Lestari di Kota Bogor, Senin.
 
Lies menjelaskan pengguna aplikasi Teman Bus dapat mendapatkan informasi Biskita Trans Pakuan seperti rute, halte, dan jadwal keberangkatan secara langsung.
 
Baca juga: BPTJ Kemenhub pastikan Biskita Trans Pakuan beroperasi kembali
 
Aplikasi Teman Bus ini merupakan penerapan program Buy the Service (BTS) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang diluncurkan sejak Juni 2020. Tujuan aplikasi ini untuk pengembangan angkutan umum di kawasan perkotaan berbasis jalan.
 
Layanan tersebut hingga saat ini sudah beroperasi di 11 kota, yakni di Medan, Denpasar, Palembang, Solo, Yogyakarta, Makassar, Banyumas, Bandung, Banjarmasin, Surabaya dan Kota Bogor.
 
Disebutkan, warga bisa memanfaatkan aplikasi ini dengan cara mengunduh di AppStore maupun PlayStore. Hingga saat ini, sejak diluncurkan pada Selasa, 2 November 2021 Biskita Trans Pakuan telah melayani masyarakat di Kota Bogor secara gratis.
 
Baca juga: Pemkot Bogor undur rencana operasional Biskita Trans Pakuan
 
Jumlahnya kini mencapai 49 bus dengan mengkonversi 147 angkutan umum kota (angkot). Program ini direncanakan secara bertahap menggantikan semua angkot di Kota Bogor, yang sebagian sopirnya dilatih menjadi sopir bus Kita Trans Pakuan.
 
Ia mengemukakan, langkah dalam mengakses kemudahan mencari angkutan kota baru itu pada aplikasi Teman Bus, pilih kota, lalu klik fitur Jadwal dan pilih fitur Jadwal Teman Bus, Kemudian tinggal tunggu di halte sesuai rute yang dituju.

Baca juga: Biskita Trans Pakuan beroperasi kembali mulai Senin 17 Januari 2022

Selanjutnya, ketika akan naik bus, kata dia, jangan lupa siapkan kartu non tunai, gunakan masker, pakai hand sanitizer dan jaga jarak. Naik dan tempelkan kartu non tunai pada perangkat reader yang ada di dalam bus Kita Trans Pakuan.
 
Dalam menunjang kenyamanan dan keamanan penumpang, masih menurut dia, bus ini dilengkapi dengan AC dan kamera CCTV untuk memantau semua aktivitas di dalam bus.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022