Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi menyusun skema ajang street race atau balapan jalanan secara resmi guna mengakomodasi potensi remaja sekaligus mengarahkan mereka melakukan tindakan positif yang tidak melanggar hukum.

"Sedang kami persiapkan rencana menggelar street race ini dengan tujuan memfasilitasi minat remaja agar tidak melakukan balap liar yang meresahkan masyarakat," kata Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Gidion Arif Setyawan di Cikarang, Senin.

Dia mengatakan rencana tersebut sesuai Instruksi Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran yang meminta agar ajang yang sukses digelar di Ancol, Jakarta Utara pada Minggu (16/1) kemarin juga dilaksanakan di Kabupaten dan Kota Bekasi.

"Tadi sudah diperintahkan Pak Kapolda, kami bersama dengan Polres Metro Bekasi Kota," katanya.

Gidion mengaku masih mencari jalur yang aman bagi pengendara balap liar untuk bisa berkompetisi di bawah naungan kepolisian. Dirinya juga belum mengetahui pasti apakah gelaran ini akan dilaksanakan terpisah atau bersamaan dengan Polres Metro Bekasi Kota.

"Rencananya belum fixed tapi kami sedang mencari tempat yang merepresentasikan keduanya (Kabupaten dan Kota Bekasi). Secara teknis belum tapi sudah diperintahkan," katanya.

Kapolres Metro Bekasi Kota Komisaris Besar Hengki mengaku sedang melakukan koordinasi bersama Kapolres Metro Bekasi terkait permintaan Kapolda.

"Ya artinya acara dari kegiatan yang diselenggarakan Pak Kapolda nanti, kami akan tindaklanjuti antara Polres Metro Bekasi Kota dan Polres Metro Bekasi. Untuk tempatnya, kami masih cari lokasi ya," katanya.

Hengki menjelaskan ajang street race yang digelar Polda Metro Jaya merupakan sarana yang disiapkan kepolisian untuk memfasilitasi para pembalap liar.

"Ajang ini menampung pemuda yang hobi balap liar untuk kmi arahkan, kami fasilitasi agar tidak melakukan pelanggaran hukum, agar tertib, dan mereka dapat berprestasi," katanya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran sebelumnya menginginkan agar street race juga digelar di Bekasi dan Tangerang setelah acara perdana yang dihelat di Ancol, Jakarta Utara, pada Minggu (16/1/2022) berjalan dengan lancar.

"Perlu digarisbawahi, kegiatan ini bukan seremonial tetapi berkelanjutan. Bulan depan rencananya di Serpong, doakan di Bekasi, Cikarang segera dimulai," kata Fadil.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022