Upaya Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Cibeber dalam mendukung program vaksinasi yang dilakukan Pemerintah Indonesia dengan menggenjot penerima vaksin COVID-19 sebagai bagian dari penanggulangan pandemi.

Kegiatan ini dilakukan di Halaman Kantor Kecamatan Cibeber di Jl. DI. Panjaitan, Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon bersama dengan Komando Rayon Militer (Koramil) 2301/Cilegon dengan menargetkan 500 individu untuk pemberian vaksin pertama dan kedua.

“Hari ini kami dilibatkan dalam kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan oleh Koramil 2301/Cilegon di Kecamatan Cibeber. Kegiatan vaksinasi ini merupakan kolaborasi yang baik, dalam rangka ihtiar untuk menjaga diri dengan memperkuat imun,” tutur Ketua PMI Kecamatan Cibeber, Rokhmani.

Baca juga: Pembelajaran tatap muka, PMI Cilegon gencarkan promkes ke sekolah
Baca juga: Pastikan stok darah cukup saat pandemi COVID-19, PMI Kota Cilegon hadirkan unit mobile donor darah

Lebih lanjut, Rokhmani menjelaskan pihaknya telah menurunkan personil untuk membantu pada pelaksanaan vaksinasi tersebut.

“Sebanyak delapan personil pengurus PMI Kecamatan kami libatkan untuk membantu pelaksanaan vaksinasi ini. Selain itu juga kami juga membagikan Paket Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang berisi sabun dan cairan pembersih tangan kepada para peserta vaksinasi tersebut,” tambahnya.
 
Serbuan vaksinasi Koramil 2301/Cilegon dan Karang Taruna Kecamatan Cilegon kerja sama dengan PMI untuk tingkatkan angka vaksinasi COVID-19. (Antara/HO/PMI/IFRC).


Pemberian Paket PHBS serta edukasi kepada masyarakat yang hadir diharapkan dapat menjadi sarana penunjang agar tetap mengimplementasikan protokol kesehatan. Jika mengacu ke data dari Dinas Kesehatan Kota Cilegon, angka kematian kumulatif dari COVID-19 yang tercatat sekitar 370 sehingga hal ini penting untuk menunjang vaksinasi yang sudah didapat.

Sementara itu, penyelenggara kegiatan dari Koramil 2301/Cilegon, Pelda Jasdi Batuud dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas keterlibatan personil PMI dalam mempelancar kegiatan vaksinasi tersebut.

Baca juga: PMI Cilegon gencarkan promosi kesehatan pada anak cegah COVID-19

“Kami melaksanakan vaksinasi di Kecamatan Cibeber berkolaborasi dengan Karang Taruna dan dibantu oleh PMI. Kami sangat terbantu karena kebutuhan kekurangan tenaga, jadi dengan hadirnya PMI pagi ini membantu memperlancar kegiatan. Kami harapkan kedepannya untuk PMI selalu bersinergi pada setiap kegiatan agar saling support.”

Lebih dari 7.000 relawan PMI dengan dukungan USAID dan IFRC berada pada garda terdepan dalam penaggulangan COVID-19 di Indonesia untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang paling membutuhkan.

Pewarta: PMI/Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021