Depok, (Antara Megapolitan) - Universitas Indonesia (UI) Jakarta mengukuhkan Prof. Dr. Billy K Sarwono, MA, sebagai Guru Besar Tetap bidang Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI (FISIP UI).

Dalam pengukuhannya di Balai Sidang UI Depok, Rabu, Billy Sarwono menyampaikan pidato pengukuhannya berjudul "Literasi Media untuk Kesetaraan Gender di Indonesia".

Ia mengatakan media banyak mengonstruksikan realitas untuk memenuhi kepentingan pemilik media atau bahkan memenuhi kebutuhan pasar. Misalnya, media cenderung menggambarkan stereotip perempuan yang muda, cantik, lemah, emosional, sebaliknya laki-laki merupakan sosok kuat, pemberani, tegas dan mandiri.

Menurut dia, dampak konstruksi bias gender dalam media tidak hanya memengaruhi perilaku individu melainkan juga budaya masyarakat. Keprihatinan tentang misrepresentation perempuan dalam media dan dampaknya terhadap anak-anak dan remaja ini mendorong dirinya menekuni studi tersebut sejak 1995.

Dikatakannya, dalam perspektif ilmu komunikasi, solusi yang bisa dilakukan adalah mendorong anak-anak, remaja dan khalayak lain menjadi lebih kritis terhadap sajian media melalui literasi media.

Masyarakat, lanjut dia, harus tahu bahwa isi media tak terlepas dari siapa yang berada di baliknya, bagaimana proses produksi teks (berita, acara televisi, film dan lain) tak lepas dari latar belakang awak media, kepentingan pemilik modal, pengiklan dan berbagai faktor lain.

"Literasi media ini tak hanya untuk menipiskan bias gender dalam masyarakat, namun juga bisa diaplikasikan sebagai usaha menahan gempuran media sosial dalam kehidupan anak dan remaja di segala bidang," katanya.

Melalui pendidikan literasi media, seseorang akan memahami bahwa sebagian besar isi media merupakan hasil konstruksi. Guru dan orang tua dapat menjadi ujung tombak usaha pendidikan literasi media, terutama bagi anak dan remaja.

"Saya percaya bahwa literasi media merupakan solusi cerdas dan sederhana namun besar dampaknya di kemudian hari untuk mencapai kesetaraan gender di Indonesia," demikian Billy.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015