Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon, Jawa Barat membagikan ratusan paket prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada pengendara yang tidak menggunakan masker pada kegiatan Operasi Ketupat Maung 2021 demi mencegah penyebaran COVID-19.

Pembagian paket PHBS ini dilakukan selama pelaksanaan kegiatan Penyekatan Peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H di DUA titik Pos Check Point Simpang Gerem dan Pelabuhan Merak Kota Cilegon.

Baca juga: PMI latih korban banjir Lebak membuat keset manfaatkan pakaian bekas
Baca juga: PMI mendirikan sekolah lapangan di lokasi bencana banjir Lebak

"Sebagai upaya percepatan penanganan COVID-19, perlu adanya ketaatan bersama untuk menaati aturan protokol kesehatan, kami terus melakukan upaya edukasi kepada masyarakat untuk tetap menaati aturan protokol kesehatan, serta membagikan paket PHBS Kit," tutur Ketua PMI Kota Cilegon Abdul Hakim Lubis.

Lebih lanjut, pihaknya telah menyiagakan puluhan personel pada kegiatan Operasi Ketupat Maung Kalimaya 2021 selama 24 jam serta menyiagakan satu unit ambulans.

Sementara itu, Ketua Bidang Yankes & UDD PMI Kota Cilegon Arriadna menambahkan bahwa personel PMI Kota Cilegon yang ditugaskan sebelumnya sudah diberikan pelatihan tentang cara memberikan pertolongan pertama dan teknik edukasi ke masyarakat terkait protokol kesehatan.

Baca juga: IFRC dukung LSP PMI Gelar Upgrading Asesor Kompetensi.

"Untuk pelaksanaan pengamanan lebaran tahun ini, kami menempatkan dua personel pada setiap pos dengan sistem dua shift. Adapun personel yang ditugaskan merupakan pelawan PMI pada kesatuan Korps Sukarela (KSR) unit Markas PMI Kota Cilegon dan KSR Perguruan Tinggi Unit Universitas Al-Khairiyah yang sudah dibekali materi Pertolongan Pertama," katanya.

Pewarta: PMI/Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021