Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menggandeng PT Bank Central Asia Tbk (BCA) untuk pembayaran dan penerimaan pajak bumi dan bangunan (PBB).

Kepala Badan Pendapatan Daerah setempat Hadis Herdiana, di Karawang, Kamis mengatakan selama ini pihaknya sudah bekerja sama dengan sejumlah perbankan untuk pembayaran PBB.

Kali ini dilakukan kerja sama dengan BCA. Sebab sesuai dengan laporan, cukup banyak nasabah BCA di Karawang.

"Jadi ini bentuk dari perluasan jaringan. Tujuannya untuk memudahkan pembayaran dan pemanfaatan digital," kata dia.

Baca juga: Tunggakan PBB perdesaan di Karawang tinggi

Kepala BCA Kantor Wilayah IX Djoko Rosmiatun Mijaata, di Karawang, Kamis mengatakan pihaknya memahami kebutuhan Pemkab Karawang dan masyarakat atau nasabah BCA untuk memenuhi kewajibannya dalam membayar PBB yang mudah, aman, dan nyaman.

Dengan kerja sama itu diharapkan nasabah BCA dan masyarakat Karawang dapat membayar PBB melalui ATM BCA dengan mudah dan nyaman.

Kerja sama itu dilakukan untuk mendukung digitalisasi pembayaran dan penerimaan PBB.

Baca juga: Realisasi PBB Karawang Capai Rp188 Miliar

Penandatanganan perjanjian kerja sama itu sendiri dilakukan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupatan Karawang Hadis Herdiana dengan Kepala Kantor Cabang Utama Lippo Cikarang Sunny Karya, disaksikan oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana bersama Kepala BCA Kantor Wilayah IX Djoko Rosmiatun Mijaata di Resinda Hotel, Karawang, Rabu.

Djoko mengatakan, PBB merupakan salah satu elemen penting, terutama menjadi salah satu sumber penghasilan daerah yang peruntukkannya akan dikembalikan dalam bentuk pembangunan bagi kemajuan daerah.

Menurut dia, kerja sama yang dilakukan dengan Pemkab Karawang merupakan bagian dari upaya BCA menghadirkan kemudahan bagi masyarakat dan Pemkab Karawang dalam melakukan pengelolaan pendapatan daerah untuk kemajuan bersama.



Lebih lanjut Djoko mengatakan bahwa pembayaran PBB Karawang di ATM BCA baru dapat dilakukan dalam satu-dua bulan ke depan, untuk memastikan kesiapan sistem di BCA dan Bapenda Karawang.

"Dengan adanya kerja sama itu, warga yang sedang berlibur ke luar daerah, bisa membayar PBB melalui ATM BCA terdekat di luar daerah," katanya.
 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021