Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyampaikan sekitar 30 persen usaha pengolahan ikan di daerah tersebut menurun selama pandemi COVID-19.

"Penurunan usaha pengolahan ikan itu bisa dilihat dari berkurangnya penggunaan bahan baku," kata Sekretaris Dinas Perikanan setempat Abuh Bukhori, di Karawang, Jumat.

Baca juga: Pemkab Karawang bantu UMKM yang terdampak pandemi
Baca juga: Disperindag Karawang berikan data pelaku UMKM penerima bansos

Ia mengatakan, bahan baku perikanan untuk usaha pengolahan ikan biasanya menghabiskan 75 ton per hari. Tetapi selama pandemi COVID-19 berkurang, paling banyak sekitar 50 ton per hari.

"Jadi selama pandemi COVID-19 omset mereka (para pelaku usaha pengolahan ikan) menurun," katanya.

Atas hal tersebut, Abuh menyampaikan kalau pihaknya akan membangkitkan pelaku usaha pengolahan ikan yang mengalami penurunan karena terkena dampak COVID-19.

Hal tersebut dilakukan dengan cara membantu pelaku usaha pengolahan ikan dalam pemasaran model baru ditengah Covid-19.

Baca juga: Pupuk Kujang bina 116 UMKM di Jabar

Selain itu bantuan alat pengolahan ikan juga telah digulirkan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Karawang yang bergerak di olahan ikan.

Menurut dia, para pelaku usaha pengolahan ikan di Karawang tersentralisasi di beberapa kecamatan seperti KecamatanBanyusari dan Cilamaya Kulon.

"Mereka sebenarnya terus memproduksi olahan ikan selama pandemi. Tapi kemungkinan menurunnya omset mereka diakibatkan menurunnya daya beli masyarakat selama pandemi COVID-19," kata dia. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020