Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno menyebut ada sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) yang sudah mendaftar untuk menjalani tes swab setelah kembali dari luar kota pada libur panjang cuti bersama ini.

"PNS yang pergi ke luar kota pada libur panjang cuti bersama,  setelah kembali harus menjalani tes swab. Sambil menunggu hasil tes swab, PNS itu isolasi di rumah dulu," katanya di Kota Bogor, Jumat.

Baca juga: Bima Arya ingatkan ASN tetap di Bogor saat libur panjang

Libur panjang dan cuti bersama bagi PNS pada  Rabu (28/10) hingga Minggu (1/11).

PNS yang melakukan perjalanan keluar kota saat kembali harus menjalani tes swab untuk mencegah kemungkinan penularan COVID-19 di Kota Bogor itu u adalah keputusan wali kota.

Menurut Retno, sudah ada sejumlah PNS yang mendaftar untuk melaksanakan tes swab. "Tes swab nanti akan dilaksanakan di Dinas Kesehatan," katanya.

Baca juga: Arus kendaraan di Jalur Puncak Bogor meningkat 20 persen

Sementara itu, untuk mencegah kemungkinan penularan COVID-19 dari kunjungan masyarakat Jakarta dan sekitarnya ke Kota Bogor, Dinas Kesehatan melakukan rapid test atau tes cepat di sejumlah lokasi keramaian, mulai Rabu (28/10) hingga Minggu (1/11).

Pada Rabu (28/10), Dinas Kesehatan melakukan tes cepat di terminal Baranangsiang. Targetnya, 100 orang, tapi selama tiga jam pelaksanaan, pada pukul 09:00 WIB hingga 12.00 WIB, hanya 50 orang yang melaksanakan.

"Orang yang melaksanakan tes dipilih secara acak, baik sopor bus atau angkot, pedagang, penumpang, pengunjung, maupun warga," katanya.

Baca juga: Pemkot Bogor lakukan rapid test massal di terminal Baranangsiang

Dari 50 orang yang menjalani tes cepat, ditemukan satu orang dengan hasil reaktif dan orang tersebut diminta menjalani tes swab di RSUD, untuk mengetahui hasilnya positif atau negatif.

Dinas Kesehatan, melanjutkan tes swab di terminal Baranangsiang Kota Bogor, pada Kamis hari ini, dengan sasaran 50 orang.

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020