Karawang, (Antaranews Bogor) - Tumpukan sampah di sekitar tempat pembuangan akhir sampah Jalupang Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sudah cukup tinggi hingga mencapai 7-8 meter.

Kepala Dinas Cipta Karya Karawang Dedi Ahdiat mengatakan, tempat pembuangan akhir (TPA) sampah seluas 7,5 hektare yang berlokasi di Kecamatan Kotabaru kini sudah over kapasitas.

"Di sekitar TPA Jalupang, tumpukan sampahnya setinggi 7-8 meter. Jadi perlu solusi mengatasi semakin tingginya tumpukan sampah," katanya, saat dihubungi di Karawang, Jumat.

Ia mengatakan, pada tahun ini pihaknya akan berusaha menyelesaikan permasalahan tingginya tumpukan sampah di sekitar TPA Jalupang. Karena itu diharapkan mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari DPRD.

Diantaranya dengan melakukan perluasan lahan TPA seluas 2-3 hektare. Titik perluasan lahannya berada di belakang TPA Jalupang.

Dengan adanya perluasan lahan TPA sampah Jalupang, maka tumpukan sampah yang berada di sekitar TPA akan diratakan. Kemudian akan dilakukan penghijauan.

Sesuai dengan data Bidang Kebersihan Dinas Cipta Karya setempat, volume sampah di Karawang mencapai sekitar 4.000 meter kubik per hati. Sampah merupakan sampah yang dihasilkan masyarakat.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015