Video - ANTARA News bogor

Porkab Bekasi jadi ajang dua tahunan

Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Bekasi, Jawa Barat, menjadi ajang tetap dua tahunan sekali, sebagai kejuaraan tertinggi tingkat kabupaten dalam membina atlet berprestasi yang akan dipersiapkan dalam ajang yang lebih tinggi lagi di Porda, PON, SEA Games, Asian Games, maupun Olimpiade. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dedi Supriyadi saat penutupan Porkab pertama Bekasi, Minggu malam 15 Oktober 2023 mengatakan Pemerintah Kabupaten Bekasi sangat mendukung kemajuan perkembangan prestasi yang ditorehkan oleh atlet muda kita, baik provinsi, nasional, bahkan internasional, terutama dalam mengharumkan nama Kabupaten Bekasi. 

Porkab Bekasi telah berlangsung pada 11-15 Oktober 2023. Sebanyak 15 cabang olahraga dan diikuti kontingen dari 23 kecamatan, dengan memperebutkan 937 medali emas, perak, dan perunggu. 
Kecamatan Tarumajaya menjadi juara umum di ajang Porkab Bekasi 2023 ini dengan koleksi 37 medali emas, 17 perak, dan 23 perunggu, diikuti Tambun Selatan dengan 22 emas, 16 perak, dan 23 perunggu, serta Kecamatan Tambelang di urutan ketiga dengan 14 emas, 12 perak, dan 10 perunggu.

Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan menyatakan para atlet yang berhasil meraih medali pada ajang Porkab Bekasi 2023 akan mendapatkan pembinaan khusus melalui pengurus cabang olahraga terkait. Pola pembinaan ini bisa melalui dua skema. Pertama, pihak kecamatan menitipkan atlet di pusat latihan KONI Kabupaten Bekasi atau KONI akan menurunkan pelatih ke wilayah kecamatan.

Kepala Disbudpora Kabupaten Bekasi Iman Nugraha mengapresiasi KONI Kabupaten Bekasi yang terus konsisten menyelenggarakan ajang-ajang olahraga prestasi Porkab Bekasi 3 yang berlangsung meriah dan sukses. Dia memastikan Porkab 2025 mendatang akan dijalankan dengan lebih optimal dengan persiapan yang lebih matang. 

(Antara TV Megapolitan/Pradita Kurniawan Syah/Mutia Mellani/Budi Setiawanto)