Video - ANTARA News bogor

Panda Merah di Taman Safari Cisarua, lucu dan menggemaskan

Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengampanyekan pelestarian panda merah pada peringatan Red Panda Day 2023 yang jatuh pada 16 September 2023. 

"Tujuannya adalah memperkenalkan jenis satwa yang sudah terancam punah dengan tujuan supaya orang itu setelah kenal kan katanya tak kenal makanya tak sayang," kata Keeper Panda Merah TSI Cacih Lidia di Bogor, Sabtu. 

Ia menyebutkan, populasi panda merah kurang dari 4.000 ekor. Jumlahnya lebih sedikit dari giant panda atau panda raksasa, sehingga dinyatakan terancam punah. 

Di Taman Safari Bogor kini ada enam ekor panda merah yang semuanya berusia 10 tahun, terdiri dari dua jantan dan empat betina.Keenam panda merah itu didatangkan Taman Safari Indonesia dari Asia Tengah pada 2017 silam bersamaan dengan panda raksasa bernama Hu Chun dan Cai Tao. 

General Manager Taman Safari Bogor Emeraldo Parengkuan menyebutkan sejumlah event menarik pada peringatan Hari Panda Merah Sedunia 2023 di Taman Safari, seperti bagi-bagi doorprize, roti panda, face painting hingga keeper talk.

(Antara TV Megapolitan/M Fikri Setiawan/Mutia Mellani/Budi Setiawanto)