Jakarta, (Antaranews ) - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum memberikan bantuan kepada masyarakat dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) hingga Agustus 2014 sudah mencapai sekitar Rp10,2 miliar.

"Inalum akan terus meningkatkan peran sertanya dalam pemberdayaan masyarakat sekitar dengan meningkatkan program CSR dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang salah satu perwujudannya adalah pemberian bantuan beasiswa," kata Direktur Utama PT Inalum (Persero) Winardi dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Ia berharap pada tahun 2015 anggaran CSR dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) perusahaan akan lebih besar seiring dengan meningkatnya kinerja yang ditunjukkan dengan meningkatnya capaian keuntungan perseroan.

"Dengan berubahnya status PT Inalum (Persero) menjadi BUMN dan sesuai dengan misi perusahaan untuk mencapai Visi Inalum 2025 yaitu menjadi perusahaan global terkemuka berbasis Aluminium terintegrasi ramah lingkungan," katanya.

Menurut dia pihaknya juga telah menyerahkan bantuan beasiswa sebesar Rp 4,5 miliar kepada 5.300 siswa yang terdiri dari 3.000 siswa SD, 1.500 siswa SLTP dan 500 siswa SLTA yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota sekitar wilayah perusahaan serta 250 mahasiswa S1 dan D3, dan 50 bantuan beasiswa kepada mahasiswa S2 dan S3 yang sedang menyelesaikan studinya di Universitas Negeri yang ada di Medan.

"Sampai saat ini telah memberikan beasiswa kepada 2.725 siswa terdiri dari 1.700 siswa SD, 750 siswa SLTP, dan 275 siswa SLTA. Masing-masing mendapatkan bantuan beasiswa sebesar Rp 0,5 juta untuk siswa SD, Rp 1 juta untuk siswa SLTP, dan Rp 1,5 juta untuk siswa SLTA," katanya.

Penyerahan bantuan beasiswa di Tanjung Balai kali ini secara langsung diberikan oleh Direktur Utama PT Inalum (Persero) Winardi yang juga dihadiri oleh Walikota Tanjung Balaim. Sedangkan penyerahan bantuan beasiswa selanjutnya akan disampaikan secara langsung oleh seksi Pemberdayaan Masyarakat Inalum yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan masing-masing kabupaten/kota.

Inalum yang secara resmi menjadi BUMN pada 19 Desember 2013 berhasil meraih penghargaan Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) dari Kemenko Kesejahteraan Rakyat yang diserahkan pada tanggal 20 Agustus 2014 lalu di Hotel Kartika Chandra, Jakarta.

GKPM Award merupakan penghargaan bergengsi di ranah pemberdayaan masyarakat dari Pemerintah dan CFCD (Corporate Forum for Community Development) kepada Perusahaan yang berprestasi dalam melaksanakan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014