Depok, (Antaranews Bogor) - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mendorong keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) agar lebih aktif dalam memberikan informasi kepada masyarakat dan pemerintah sehingga dapat mendukung proses pembangunan.

"KIM merupakan media informasi yang efektif dalam mendukung proses pembangunan," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadiskominfo) Fitriawan, dalam acara Pertemuan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Depok di Depok, Kamis.

Ia mengatakan KIM mempunyai peran yang sangat strategis dalam pengelolaan informasi agar informasi tersebut berdaya guna dan berhasil guna. Tujuan pertemuan ini adalah untuk konsolidasi dan mengembangkan diri, sehingga KIM bisa lebih baik.

"Diharapkan para peserta nanti bisa berdiskusi secara langsung dengan para narasumber tentang bagaimana dan seperti apa KIM ke depannya," ujar Fitriawan.

Sementara itu Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan KIM adalah lembaga swadaya masyarakat yang merupakan mitra pemerintah. KIM memiliki pergerakan 3 arah guna menyebarkan, mengilustrasikan, dan mendesiminasikan informasi.

Ketiga arah yang dimaksud adalah pertama dari anggota ke anggota (sesama anggota KIM), kedua dari KIM ke Pemerintah, dan ketiga dari KIM kepada masyarakat. KIM harus pintar meramu kumpulan informasi yang didapat sehingga saat penyampaiannya bisa menghasilkan dampak yang positif.

"KIM juga harus peduli untuk menyampaikan dan mencari informasi," katanya.

Nur Mahmudi mengatakan KIM juga harus tau proses penyampaian informasi, baik berupa laporan maupun usulan agar tidak salah dalam menyampaikan informasi. Sebagai mitra pemerintah, KIM yang berperan menyampaikan informasi kepada sesama anggota, masyarakat, dan pemerintah, harus ada dokumentasinya.

Informasi yang disampaikan pun harus menjadi sumber inspirasi. KIM juga bisa menjadi kelompok pemasar produk-produk lokal dan kelompok kekuatan ekonomi.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014