Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendapat sertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta Izin Produk Industri Rumah Tangga.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Jumat, mengatakan, saat ini perkembangan UMKM di daerahnya menunjukan tren positif. Penyebabnya, bisa dilihat dari bertambahnya pelaku UMKM baru setiap tahun.

"Ya membanggakan melihat perkembangan perekonomian masyarakat di sektor UMKM ini. Karena, secara tidak langsung taraf ekonomi masyarakat juga akan berkembang," katanya.

Baca juga: Pembangunan jaringan internet di perdesaan Purwakarta untuk dorong penjualan UMKM
Baca juga: Pelaku UMKM Purwakarta diharap konsisten kembangkan produk

Data Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Purwakarta, saat ini sudah ada 8.500 pelaku UMKM di Purwakarta. Para pelaku usaha ini, tersebar di seluruh desa di 17 kecamatan.

"Mayoritas UMKM ini begerak di sektor makanan dan minuman," kata dia.

Ia mengaku akan membantu pemasaran yang dihasilkan para pelaku UMKM.

Baca juga: Berikut program Pemkab Purwakarta untuk tingkatkan kualitas UMKM

Selain itu juga akan mendorong supaya pelaku UMKM ini mendapatkan sertifikasi dari BPOM dan izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) yang salah satu poinnya mengatur soal masa kadaluarsa.

"Ada sebagian pelaku UMKM yang belum mengurus izin-izin itu. Makanya, pemerintah akan membantu memfasilitasinya," kata Anne. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019