Sukabumi (Antaranews Bogor) - Sebanyak 627 pembudidaya ikan koi mengikuti kontes koi berkualitas yang digelar Sukabumi Bersatu Koi Club di Pasar Ikan Cibaraja, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Tujuan utama digelarnya acara ini adalah untuk menarik para pembudidaya koi agar bisa meningkatkan kualitas hasil pijahan ikannya sehingga juga meningkatkan harga ikan tersebut," kata Ketua Panitia Festival Pembudidaya Koi Sukabumi Ichwan Hamid kepada Antara, Minggu.

Menurut Ichwan kontes ini juga untuk menunjukan kepada Indonesia bahwa kualitas koi dari hasil budidaya peternak koi dari Sukabumi tidak kalah dengan daerah lain seperti salah satunya Blitar.

Apalagi Sukabumi lanjut dia mempunyai historis tentang koi. Saat ini koi di Sukabumi sudah mempunyai daya tarik tersendiri dan bisa dikatakan unik, bahkan ada daerah lain yang tidak mengembangbiakan koi jenis tertentu, tetapi oleh pembudidaya di sini mampu dipijahkan dan mendapatkan anak koi yang memiliki kualitas grade A.

Selain itu, dengan acara ini juga bisa dijadikan ajang silaturahmi para pembudidaya koi di Sukabumi untuk mengembangkan usaha dan bisa saling tukar pengalaman serta ilmu agar bisa menghasilkan koi yang memiliki kualitas terbaik. Ternyata digelarnya acara ini mendapatkan perhatian tinggi dari pembubidaya.

"Diharapkan dengan adanya kontes seperti ini para pecinta koi di Indonesia bahkan luar negeri bisa datang ke Sukabumi baik untuk membeli, mengembang biakan atau belajar. Karena ikan koi dari Sukabumi sudah dilirik oleh para importir koi Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya di sini," tambahnya.

Sementara, salah seorang peserta Didin Jaenudin mengatakan dirinya mengikut sertakan ikan pilihannya yang mempunyai kualitas terbaik bahkan, ikannya mampu menjadi yang terbaik pada kontes ini.

"Dengan adanya acara seperti ini membuat kami sebagai pembudidaya bisa menunjukan bahwa ikan hasil pijahan bisa bersaing dengan koi dari daerah lain bahkan yang dari impor. Kami berharap serupa bisa sering dilakukan dikemudian hari," kata Didin.

Dalam acara ini juga dihadiri importir ikan koi dari Kabuki Koi, Bogor melelang koi impor dari Jepang mulai dari ukuran 10 cm sampai bibit. Adapun jenis ikan koi yang dikonteskan dan lelang yakni Tancho, Kingrin, Kohaku, Siro Utsuri, Doitsu, Hikarimoyo mono, Koromo, Bekko, Showa-Sanke dan lain-lain.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014