Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengimbau agar para petani siap-siap melakukan penanaman padi karena saat ini telah memasuki musim hujan.

"Bulan November ini sudah memasuki musim hujan, areal sawah tadah hujan bisa ditanami," kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian setempat Agus Rachlan Suherlan, saat dihubungi di Purwakarta, Rabu.

Baca juga: Pemkab Purwakarta distribusikan bantuan alat pertanian kepada petani

Ia mengatakan sebelumnya pada musim kemarau areal sawah tadah hujan tidak bisa ditanami karena sawah tadah hujan hanya mengandalkan pengairan dari air hujan.

Sedangkan saat ini, sudah memasuki musim hujan, areal sawah tadah hujan kembali dapat kembali ditanami padi. Begitu juga areal sawah yang dilintasi irigasi, bisa ditanami padi pada November ini.

Baca juga: Petani Purwakarta diimbau maksimalkan sumber air

Agus Rachlan menyampaikan pihaknya menargetkan luas tanam padi selama November ini mencapai 5.665 hektare.

Ia optimistis target luas tanam selama sebulan ini bisa tercapai. Sebab areal sawah tadah hujan nantinya sudah bisa ditanami padi.

Catatan Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, luas areal persawahan yang tersebar di sejumlah kecamatan sekitar Purwakarta mencapai 18 ribu hektare.

Baca juga: Dinas Pertanian Purwakarta dorong petani terapkan sistem korporasi

Dari luas lahan itu, 10 ribu hektare di antaranya merupakan sawah irigasi teknis dan sisanya 8.000 hektare sawah tadah hujan.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019