Harga bahan pokok di sejumlah Pasar Tradisional di Kota Depok Jawa Barat mengalami kenaikan yang dipengaruhi meningkatnya permintaan masyarakat menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

"Permintaan dalam beberapa hari terakhir mulai meningkat akibatnya harga menjadi naik," kata seorang pedagang  di Pasar Depok Jaya, Agus di Depok, Jumat.

Ia mencontohkan harga telur ayam yang semula dijual Rp24.00 per kg naik menjadi Rp25.00 kg. Begitu juga dengan harga daging ayam naik dari Rp42.00 per kg menjadi Rp45.000 kg.

Selanjutnya harga bawang putih yang naik dari Rp55.000 per kg naik menjadi Rp70.000 per kg. Sedangkan harga daging sapi masih normal yang diperdagangkan dengan harga Rp120.00 per kg. Harga gula pasir juga stabil Rp12.000 per kg.

Sementara di Pasar Agung Kota Depok harga bahan juga mengalami kenaikan, walaupun kenaikannya masih bisa ditolerir oleh masyarakat.

Misalnya saja harga daging ayam naik dari Rp45.000 per kg menjadi Rp50.00 per kg. sedangkan harga daging sapi stabil Rp120.000 per kg.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan dari hasil inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional di Kota Depok memperlihatkan harga bahan pokok stabil walaupun ada beberapa kebutuhan pokok naik.

Seperti harga bawang merah naik dari Rp48 menjadi Rp50.000per kilogram.

"Kalau saya perhatikan kenaikan harga kebutuhan pokok di pasar jelang Ramadhan masih wajar," ujarnya.

Menurut dia pihaknya akan melakukan langkah strategis seperti operasi pasar dan sembako murah saat Ramadhan.

Idris juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak membeli bahan kebutuhan pokok secara berlebihan karena pihaknya menjamin ketersediaan bahan pokok di pasar.

"Kami tentunya menjamin ketersediaan bahan pokok tersebut," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019