Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Jawa Barat, menjamin ketersediaan berbagai kebutuhan pokok masyarakat menjelang Ramadhan 1440 H meskipun diperkirakan akan ada peningkatan permintaan.

"Dari pantauan kami di pasar, seluruh barang bahan pokok mencukupi bahkan persediaannya bisa dikatakan cukup melimpah," kata Kepala Seksi Distribusi dan Cadangan Pangan DKP3 Kota Sukabumi Ferry Nur Trisnawati di Sukabumi, Minggu.

Adapun jumlah persediaan pangan utama masyarakat seperti beras mencapai 126 persen dari kebutuhan masyarakat yang 49,5 persennya disuplai dari petani Kota Sukabumi. Kemudian persediaan telur mencapai 88 persen dari kebutuhan, serta bahan pangan lainnya seperti daging, cabai, gula dan lainnya dipastikan tidak akan ada kekurangan.

Pihaknya juga menyediakan cadangan pangan pemerintah untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan pangan di masyarakat yang bisa dipicu oleh kondisi ekonomi maupun faktor lainnya seperti bencana alam ataupun permintaan yang melonjak drastis.

Adapun jumlah cadangan pangan yang telah disalurkan oleh DKP3 kepada korban bencana alam di Kota Sukabumi seperti korban banjir, pada triwulan pertama 2019 jumlahnya sudah mencapai sembilan ton.

"Kami pun berkoordinasi dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi dalam melakukan pendataan harga, distribusi hingga persediaan pangan menjelang Ramadhan ini," katanya.

Ferry mengatakan pemantauan pangan juga akan dilakukan pihaknya DKP3 saat Ramadhan nanti dengan menerjunkan Satuan Tugas Pangan ke pusat-pusat perdagangan baik pasar tradisional maupun modern untuk memastikan pangan yang dijual dalam kondisi aman, halal, sehat.

Pada bulan suci nanti, pihaknya juga akan menggelar Bazaar Ramadhan di tujuh kecamatan se-Kota Sukabumi dan gelar pangan di tiga Kecamatan yang menyediakan kebutuhan pangan dengan harga subsidi.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019