Bogor (Antara) - Program Kartu Bogor Maju yang diusung oleh pasangan calon wali kota dan wakil wali kota peserta pemilihan kepala daerah Kota Bogor, Jawa Barat periode 2014-2019, Achmad Ru`yat dan Aim Halim Hermana tidak hanya menggratiskan biaya pendidikan, tapi juga biaya persalinan.

Salah satu program dari Kartu Bogor Maju yakni Bogor Sehat yang memberikan layanan persalinan gratis ini mendapat tanggapan positif oleh sejumlah warga Kota Bogor.

Program Bogro Sehat ini mengakomodir persalinan gratis untuk semua warga Kota Bogor baik dari ekonomi lemah maupun ekonomi cukup.

"Selama ini layanan melahirkan gratis hanya ada untuk masyarakat miskin dengan Jampersal. Kalau benar Pak Ru`yat menang, semua warga Kota Bogor bisa bersalin gratis," kata Widaryanti, warga Tanah Sareal, Kota Bogor.

Widia mengaku senang dengan adanya program tersebut. Ia berharap agar angka kematian ibu yang melahirkan bisa ditekan dengan adanya kartu tersebut.

Hal senada juga disampaikan Tika warga Curug, Kecamatan Bogor Barat mengaku baru mendengar adanya kebijakan tersebut, ia mengaku senang karena jika ada yang melahirkan bisa gratis biayanya.

Sementara itu, menurut Dokter Rusmini salah satu dokter yang selalu menangani persalinan ibu menganggap program yang diluncurkan pasangan Achmad Ru`yat dan Aim Halim Hermana merupakan terobosan terbaru dan perlu mendapat dukungan.

Menurutnya, dibebaskannya biaya persalinan tidak hanya diperuntukan bagi warga miskin saja tetapi semua warga Kota Bogor.

"Bedanya, biaya persalinan gratis tersebut bukan dikhususkan untuk ibu melahirkan dari warga miskin, melainkan untuk seluruh warga Kota Bogor mendapat biaya gratis bersalin," kata Rusmini

Rusmini mengakui, selama ini biaya persalinan yang harus dikeluarkan warga mulai dari 500 ribu hingga jutaan rupiah. Terlebih untuk operasi cesar warga harus merogoh kantong lebih dalam.

"Jelas program ini banyak manfaatnya, masyarakat yang terbantu," singkatnya.

Menurut Rusmini, program persalinan gratis yang diperuntukan bagi semua warga dari berbagai jenjang ekonomi merupakan yang pertama di Jawa Barat.

"Program yang sama ada juga di Bangka Belitung, yang semua warganya bisa persalinan gratis. Tapi di Jawa Barat, Kota Bogor bisa jadi yang pertama," katanya.

Rusmini menambahkan, di beberapa negara sudah memberlakukan program persalinan gratis bagi seluruh warganya, seperti di Kanada, Australia dan negara lainnya.

"Semoga program ini bisa bermamfaat bagi seluruh warga Kota Bogor," ujarnya.

Program Kartu Bogor Maju, menjadi salah satu kampanye Achmad Ru`yat dan Aim Halim Hermana. Di dalam Kartu Bogor Maju terdapat sejumlah program diantaranya Maju Pendidikan dan Maju Kesehatan.

Pewarta: Oleh Laily Rahmawati

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013