Sukabumi (ANTARA News Megapolitan) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, Jawa Tengah mendistribusikan bantuan berupa kebutuhan dasar korban bencana banjir di Kecamatan Suradai dan Kedung Banteng.

"Untuk di Desa Jatumulya, Kecamatan Suradadi kami menyalurkan air bersih sementara di Desa Semedo, Kecamatan Kedunbanteng bantuan dasar yang disalurkan berupa nasi bungkus atau makanan siap saji," kata Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal Sunarto melalui sambungan telepon, Senin.

Dalam penyaluran bantuan tersebut pihaknya bekerjasama dengan PDAM dan?Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (Ubaloka) setempat Untuk bantuan berupa air bersih disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat hasil?asesment dan kordinasi dengan tokoh masyarakat.

Diperkirakan kebutuhan air bersih untuk warga ini selama satu minggu. Selain menyalurkan bantuan, relawan?PMI bersama warga juga mengadakan kerja bakti untuk membersihkan material longsoran dan banjir.

Kegiatan distribusi air bersih dan nasi bungkus ini sebagai bentuk kepedulian PMI terhadap korban bencana yang diharapkan bisa mengurangi beban penderitaan para korban bencana banjir dan longsor.

"Kami pun mengimbau kepada warga yang tinggal dekat atau di bantaran sungai untuk selalu waspada dan siaga bila terjadi hujan besar untuk antisipasi terjadinya banjir bandang," tambahnya.

Sunarto mengatakan pihaknya sudah menyiagakan puluhan relawan untuk siap membantu jika terjadi bencana yang tujuannya selain mengurangi beban penderitaan juga meminimalisasikan dampak bencana.

Editor berita: Feru Lantara

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019