Purwakarta (ANTARA News Megapolitan) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, memulangkan tenaga kerja wanita asal daerah tersebut yang mengalami gangguan psikologis.

"TKW asal Desa Gunung Karung, Kecamatan Maniis, Purwakarta ini langsung kita pulangkan ke kampung halamannya," kata Kabid penempatan tenaga kerja Disnakertrans Purwakarta, Tuti Gantini di Purwakarta, Kamis.

TKW asal Purwakarta bernama Siti Maesaroh (23) itu diketahui dalam kebingungan selama dua hari di dalam ruang Common Use Lounge Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Tuti mengaku langsung menuju bandara setelah mendapat laporan tersebut. Ia mengalami gangguan psikologis selama dua hari di bandara selepas turun dari pesawat.

"Selasa (29/1), kita mendapatkan laporan seperti itu, dan langsung kita jemput ke bandara untuk kemudian dipulangkan ke kampung halamannya," kata dia.

Kondisi Siti Maesaroh tersebut diketahui atas laporan pihak bandara melalui Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Bandung.

Pihak bandara tidak mengizinkan Siti meninggalkan bandara, karena melihat kondisinya seperti itu setelah bekerja selama delapan bulan sebagai TKW di Arab Saudi.

Setelah mendapatkan kabar dari pihak BP3TKI Bandung, Disnakertrans Purwakarta langsung bergerak cepat, dengan menghubungi aparat desa setempat untuk memastikan identitas.

"Kita pastikan dahulu datanya dan ternyata benar. Kita langsung koordinasi dengan pihak BP3TKI serta bandara," katanya.

Setelah kecocokan identitas kalau Siti merupakan warga Gunung Karung. Disnakertrans Purwakarta langsung menindaklanjuti agar Siti bisa kembali ke Purwakarta.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019