Cibinong, 5/5 (Antara) - Lomba Cerdas Cermat Pelajar (LCCP) digelar oleh Panitia Pemilihan Kecamatan Cariu untuk sosialisasi  Pemilihan Umum (Pemilu) kepala daerah Kabupaten Bogor.

"Lomba cerdas cermat ini sangat efektif untuk sosialisasi pilkada pada kalangan pelajar yang merupakan pemilih pemula," kata Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cariu H Taufiek Suharto melalui Dishubkominfo di Cibinong, Ahad.

Ia menjelaskan, kegiatan LCCP itu digelar dengan tujuan adanya partisipasi pemilih yang semakin meningkat.

"Sarena sosialisasi ini dikhususkan pada pemilih pemula, mereka ada kesadaran diri untuk ikut serta dalam Pilkada dan paling tidak mengenal para calon yang ikut pada pemilihan bupati 2013," katanya.

Menurut dia, teknis perlombaan seperti soal yang dipertandingkan, dikemas oleh PPK Kecamatan Cariu sesuai dengan petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) oleh Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Bogor.

Ia menjelaskan untuk pemenang LCCP, akan dibawa ke tingkat wilayah, di mana Kecamatan Cariu masuk dalam daerah pemilihan (Dapil) 2.

"Dan pemenang akan dibawa kembali ke tingkat Kabupaten Bogor," katanya.

Sesuai dengan peraturan, katanya, peringkat pertama dibawa ke wilayah, lalu ke tingkat kabupaten, di mana pada tingkat kabupaten ada enam Dapil.

Pihaknya berharap dengan adanya lomba cerdas cermat seperti itu akan meningkatkan partisipasi pemilih pemula yang ada di Kecamatan Cariu.

Pada gilirannya, kata dia, dapat menyukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati untuk menghindari pemilih yang Golput.

Kegiatan LCCP itu juga dilaksanakan serentak di seluruh kecamatan di Kabupaten Bogor.

Taufiek Suharto menambahkan bahwa tujuan dilaksanakannya LCCP untuk menyosialisasikan Pilkada pada pemilih pemula.

"Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya untuk masalah pemilih pemula ini, intinya adalah pemilih pemula ini mengetahui tentang tahapan demokrasi yang ada di Kabupaten Bogor," katanya.
 



Andi Jauhari

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013