Bogor, 28/4 (Antara) - Bakal calon anggota DPD RI Muhammad M. Banapon yang menyebut diri sebagai "anak pulau" bertekad akan menyejahterakan masyarakat di Provinsi Maluku Utara jika terpilih sebagai senator di Senayan pada Pemilu 2014.

   "Visi dan misi yang saya usung adalah memastikan akses pendidikan dan kesehatan serta informasi bagi masyarakat Malut, khususnya bagi mereka yang ada di desa dan pesisir," katanya di Bogor, Jawa Barat, Ahad.

   Ama Banapon--panggilan karib Muhammad M. Banapon--yang pada tanggal 22 April 2013 telah mendaftar di KPU Maluku Utara (Malut) di Ternate untuk siap bertarung memperebutkan empat kuota anggota DPD RI dari daerah pemilihan provinsi itu.

   Menurut dia, selain sektor mendasar masyarakat yang harus diperjuangkan, yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat, dan akses informasi, ada yang tidak kalah pentingnya untuk diusung.

   "Yakni, peradilan yang berkeadilan. Ini yang selama ini selalu didambakan masyarakat kecil," kata salah satu pegiat Nahdlatul Ulama (NU) Malut yang menyelesaikan program master (S-2) Program Studi Ekonomi Sumber Daya Kelautan Tropika Sekolah Pascasarjana Institut
Pertanian Bogor itu.

     Ama dilahirkan di Waigoiyofa Sanana Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Malut pada tanggal 25 Maret 1969.

     Putra kedelapan dari Mahmud Banapon (almarhum) dan Hawa Fokatea (almarhumah) itu menyelesaikan pendidikan SD Negeri Waigoiyofa Sanana 1983, SMP Alhilaal Sanana 1986, SMA Negeri I Ternate 1989.

     Kemudian, sarjana diselesaikan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Muslim Indonesia Makassar Sulawesi Selatan  1996, dan melanjutkan ke Program Studi Ekonomi Sumber Daya Kelautan Tropika Sekolah Pascasarjana IPB.

     Pada tahun 2002, Ama Banapon diterima bekerja sebagai dosen pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Program Studi Budi Daya Perairan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate.

     Namun, karena ingin mengabdi kepada masyarakat Malut lebih luas, dia mengundurkan diri dari kampus dan mendaftarkan diri menjadi calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2009--2013 mewakili Malut, dan sempat masuk posisi "lima besar".

     "Saya berharap pada Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD 2014 bisa mendapat amanah dari masyarakat Malut guna ikut berkontribusi dan berjuang bagi kesejahteraan seluruh warga," katanya.
 
Andi J 

Pewarta:

Editor : Budisantoso Budiman


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013