Bogor (Antaranews Megapolitan) - Situasi arus lalu lintas di Kota Bogor maupun Puncak menjelang malam pergantian tahun, Senin, terpantau normal, arus lalu lintas relatif  lancar tidak menujukkan kepadatan.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri mengatakan, ada banyak faktor yang mempengaruhi situasi arus lalu lintas tahun ini relatif lebih lancar dibanding tahun sebelumnya.

"Mulai dari kesiapan polisi, pembenahan dari pemerintah di sisi ketersediaan jalan tol, dan maksimalkan jalan alteri, sehingga masyarakat punya banyak pilihan," kata Refdi.

Selain faktor tersebut, lanjutnya, masyarakat juga sudah belajar, dan sudah melakukan kesiapan dari awal sebelum memulai liburan akhir tahun.

Seperti halnya penutupan jalur Puncak yang sudah disosialisasikan sejak sepekan yang lalu, baik melalui media massa maupun media sosial. Informasi secara masif ini membantu masyarakat mempersiakan diri mengisi liburan.

"Polda Jabar dan Polres Bogor dengan semua kekuatannya menyiapkan itu semua, dibantu TNI, Dishub, dan ada Satgas juga pengamanan tahun baru juga," kata Refdi.

Menurutnya, jalur yang dilalui masyarakat mengisi libur tahun baru sudah tersedia dengan baik, mulai dari Cikampek, Cipali, sampai Brebes dan Semarang, Jawa Timur semua terpantau lancar.

Melalui jalur ini warga dari Jakarta yang ingin ke Semarang cukup menempuh jalur 420 km.  
"Jadi ada orang yang sarapan pagi di Jakarta, malamnya sudah sampai Semarang," katanya.

Dengan pengamanan yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari, Refdi mengharapkan tidak ada kecemasan di masyarakat untuk menikmati malam pergantian tahun bersama keluarga baik di rumah maupun di lokasi wisata.

Menurutnya, walau arus lalu lintas relatif lancar, bukan berarti ada penurunan kunjungan wisatawan. Pantauan yang diterimanya kunjungan wisata ke Puncak cukup padat, tidak kalah dibanding tahun sebelumnya.

Ia menyebutkan jumlah kendaraan yang keluar masuk Puncak hari ini tercatat ada sekitar 60 ribu kendaraan.

"Masyarakat punya banyak pilihan, apalagi libur kali ini cukup panjang, libur anak sekolah, mereka sudah berlibur jauh-jauh hari sebelumnya," kata Refdi.

Sementara itu pantauan Antara sejak pukul 16.55 WIB, arus lalu lintas di Kota Bogor cukup lancar, tidak terjadi kepadatan arus di titik-titik yang biasa terjadi kemacetan seperti di Jl Kapten Muslihat, Jl Juanda, Jl Jalak Harupat, Jl Otista, Jl Pajajaran depan Tugu Kujang, Jl Raya Tajur, hingga Simpang Ciawi arus lalu lintas kendaraan berjalan normal.

Dari Simpang Ciawi hingga Simpang Gadog juga normal, tidak terjadi peningkatan arus dan kepadatan lalu lintas.

Bahkan jalur Puncak yang dijadwalkan ditutup pukul 18.00 WIB ditunda beberapa menit untuk mempersilahkan kendaraan yang sudah melintas untuk masuk, sampai pukul 18.10 WIB baru dilakukan penutupan.
Situasi arus lalu lintas di Jl Otista simpang Tugu Kujang Kota Bogor, Senin malam pukul 20.22 WIB terpantau lancar, tidak terjadi kepadatan yang berarti. (Megapolitan.Antaranews.com/Foto : Laily Rahmawaty)
***2***

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018