Bogor (Antaranews Megapolitan) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan Senam Tera Indonesia bersama sekitar 20 ribu peserta dari 26 provinsi, di Kebun Raya Bogor, Provinsi Jawa Barat, Minggu.

Kegiatan Senam Tera Indonesia dalam rangka Hari Tera Indonesia (HATERA) ke-33 tahun 2018 ini berhasil memecahkan record Original Indonesia untuk katagori Senam Tera Terbanyak seluruh Indonesia.

Presiden mengucapkan kebanggaannya karena bisa bergabung bersama para Terawan dan Terawati untuk senam Tera bersama.

"Saya sangat bangga dan bahagia bisa bergabung dalam senam Tera Indonesia, yang terpenting tetap sehat," kata Presiden.

Pada kesemptaan itu, presiden kuga mengucapkan selamat  melakukan senam Tera dan tetap menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani. 

"Dengan mengucap Bismillahirohmanirohiiim saya buka Senam Tera Indonesia," kata presiden saat membukanya kegiatan Senam Tera Indonesia itu.

Presiden menggenakan jacket warna hitam dan celana hitam, sepagu sneaker, berbaur bersama puluhan ribu peserta senam Tera Indonesia yang datang dari 26 provinsi di Indonesia di lapangan Astrid Kebun Raya Bogor.

Provinsi Jawa Barat menjadi tuan rumah Senam Tera Indonesia ke-33 tahun 2018, dan Kota Bogor sebagai tempat penyelengara, untuk pada tahun 2020 HATERI akan digelar di Provinsi Jawa Tengah.

Senam Tera Indonesia merupakan latihan phisik dan mental, memadukan gerakan bagian-bagian tubuh dengan teknik dan irama pernapasan melalui pemusatan pemikiran yang dilaksanakan secara teratur, serasi, benar, dan berkesinambungan. 

Senam ini bersumber dari senam pernapasan Tai Chi, yaitu senam yang mepunyai dasar olah pernapasan yang dipadukan dengan seni bela diri, yang di Indonesia dikombinasikan dengan gerak peregangan dan persendian jadilah sebagai olah raga kesehatan.

"Tera" berasal dari kata "terapi", yang mempunyai arti penyembuhan atau pengobatan. Dalam praktik Senam Tera bukan saja mempunyai manfaat pengobataan (kuratif), tetapi juga besifat pencegahan (preventif), dan mempunyai sifat penyembuhan dari sakit.

Senam ini dimulai dari pukul 07.45 WIB, diawali dengan pelepasan balon ke udara oleh Presiden Joko Widodo. 

Seluruh peserta senam yang disebut Terawan terseut nampak kompak memakai pakaian kous merah dan celana putih. Dengan adanya keiatan senam itu, Suasana Kebun Raya Bogor berubah warna merah putih. (ANT/BPJ).

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018