Bogor, 9/4 (Antara) - Pemerintah Kota Bogor dalam waktu dekat akan memugar Gedung Kemuning Gading yang merupakan pusat pertunjukan kesenian dan kebudayaan setempat dalam rangka memperbaiki dan melengkapi penyediaan sarana di gedung tersebut.

"Pemugaran gedung akan dilakukan mulai 2013 ini," kata Kepala Seksi Kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, uci Sanusi, di Bogor, Selasa.

Uci menyebutkan, Pemerintah Kota Bogor telah menganggarkan dana untuk memugar gedung Kemuning Gading tersebut sebesar Rp2,5 miliar.

Pemugaran gedung tersebut dipusatkan pada perbaikan panggung pertunjukan, sistem suara ("sound system"), penerangan, dan atap bangunan.

Menurut Uci, semua upaya tersebut dilakukan guna meningkatkan upaya Pemerintah Kota Bogor mewadahi apresiasi para pekerja seni dan budayawan di kota tersebut.

Langka pemugaran gedung Kemuning Gading mendapat apresiasi dari kalangan budayawan Kota Bogor.

Ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kota Bogor, Sambas Bratasonjaya, menyampaikan rasa syukurnya atas perhatian Pemerintah Kota Bogor dalam memperbaiki dan menyediakan kelengkapan gedung Kemuning Gading.

"Kepentingan budayawan dalam upaya pengembangan dan pelestarian budaya Sunda di kota Bogor telah banyak diakomodasi Pemerintah kota Bogor. Jadi, kami ingin menyampaikan apresiasi terhadap langkah-langkah pemkot ini," ujarnya.

Gedung Kemuning Gadung berada di Jalan Kapten Muslihat berdekatan dengan komplek perkantoran Pemerintah Kota Bogor, persis dibelakang gedung DPRD setempat.

Pemerintah Kota Bogor terus meningkatkan kelayakan gedung tersebut dengan memanfaatkan Gedung Kemuning Gading untuk berbagai pementasan kesenian, dan kebudayaan serta acara Pemerintah Kota Bogor.  

Selama ini juga sering dimanfaatkan oleh sekolah untuk kegiatan perpisahan siswa, bahkan stasiun swasta juga pernah memanfatkan Gedung Kemuning Gading acara Live Kontes dangdut.

Ada sekitar sekitar 50 sanggar yang kreativitasnya perlu difasilitasi. Dengan kondisi yang ada, Pemerintah Kota Bogor memfasilitasinya melalui Gedung Kemuning Gading.

Laily R

Ilustrasi: nmrnews.com

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013