Sukabumi (ANTARA News Megapolitan) - Satuan Tugas (Satgas) Pangan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ketersediaan kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019.

"Sidak ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana ketersediaan pangan, mulai dari persediaan, distribusi hingga permintaan. Dari hasil sidak ini kebutuhan pokok masyarakat mencukupi hingga akhir tahun," kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi Asep Japar di Sukabumi, Jumat.

Menurutnya, sidak ini juga untuk mengantisipasi adanya barang yang kedaluwarsa atau tidak layak konsumsi. Namun, dari pantauan di sejumlah pasar semimodern yang ada di Kabupaten Sukabumi seperti Pasar Cibadak tidak ditemukan barang atau bahan makanan yang seperti itu.

Selain itu, hasil sidak sekaligus pendataan harga seluruhnya normal tidak ada kenaikan yang mencolok, namun hanya daging ayam saja yang harga naik tetapi masih wajar yakni dari Rp33 ribu menjadi Rp35 ribu yang dikarenakan permintaannya meningkat, tetapi pasokan cukup melimpah.

Lanjut dia, pemantauan dan pengawasan ini terus dilakukan tujuannya untuk menjaga kestabilan harga dan persediaan kebutuhan pokok masyarakat. Apalagi menjelang perayaan besar keagamaan seperti Natal dan libur nasional Tahun Baru permintaan pangan cukup tinggi.

"Untuk Natal dan Tahun Baru permintaan meningkat tetapi tidak seperti saat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri yang terjadi lonjakan permintaan, namun demikian harga tetap stabil walaupun ada kenaikan masih wajar," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Satgas Pangan Polres Sukabumi AKP Yadi Kusyadi mengatakan tugas dari pihaknya salah satunya adalah memantau pergerakan harga kebutuhan pokok masyarakat. Tapi dari hasil sidak yang dilakukan oleh tim ternyata harga terpantau normal dan stabil.

"Kami pun berkoordinasi dengan dinas terkait di Pemkab Sukabumi untuk mengawasi persediaan dan juga mendata fluktuasi harga. Jika ada kenaikan harga yang di luar batas kewajaran tentunya kami akan melakukan penelurusan penyebabnya," katanya.

Di tempat yang sama, salah seorang pedagang beras di Pasar Semimodern Cibadak Surya mengatakan untuk harga beras saat ini masih stabil dan tergantung kualitas. Untuk jenis medium harganya Rp8 ribu/liter dan premium Rp9 ribu/liter.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018