Bogor (Antaranews Megapolitan) - Hiking Bocah yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat bia menjadi salah satu alternatif wisata rafting bagi anak-anak dalam pengenalan lingkungan bertajuk alam di Sungai Ciliwung.

"Wisata itu hanya dibandrol Rp20.000 untuk satu orangnya, dan sudah dapat ikut rafting pada aliran Sungai Ciliwung selama 10 menit lamanya," kata Pemilik Hiking Bocah Kota Bogor, Asep di Kota Bogor, Selasa.

Menurut dia rafting anak memang sudah cukup populer pada beberapa daerah di Indonesia. Pada rafting ini memiliki sedikit berbeda dimana yang melakukannya biasanya berusia empat hingga lima tahun.

Secara melanisme pemberian materi memang sedikit rumit, dikarenakan perlu kesabaran ekstra dalam memebrikan pengertian dan aturan bermain.

Namum bila hal tersebut sudah menjadi biasa maka cukuplah mudah dimana mengajak anak usia empat hingga lima tahun atau duduk di bangku Taman Kanak-Kanak (TK) untuk mencerna tentang alam.

"Pemberian materi tentang alam memang harus dilakukan dimana pengenalan dan pemberian materi harus sesuai, kelak setelah dewasa dapat mengenal lingkungan alam lebih mudah," katanya.

Dalam hal ini juga memberikan pengenalan tentang peralatan yang nantinya akan digunakan dan aturan-aturan baku selama mengikuti rafting.

Itu antaranya cara memakai rompi pelampung yang aman, helm pelindung kepala, dan posisi duduk pada perahu karet. Namun juga memberikan pengarahan bila perahu berbenturan dengan batu maupun gelombang air.

Ia menambahkan dalam kegiatan rafting pada Sungai Ciliwung sedikitnya diikuti oleh 200 peserta. Dan untuk saat ini anak-anak dari Tempat Pengenalan Quran (TPQ Kelopak Kalisari, Jakarta Timur.

"Antusias anak-anak itu terlihat dimana ada perasaan takut, senang, dan lain sebagainya. Namun itu adalah salah satu kesempatan dimana anak-anak juga bisa ikut bermain rafting seperti orang dewasa lakukan," katanya.

Sementara itu, Orang Tua Murid TPQ Kelopak Kalisari Jakarta Timur, Indah (35) mengatakan pada dasarnya pengenalan rafting anak itu memang perlu dilakukan untuk mengetahui kepekaan anak-anak tethadap lingkungan alam.

Dan ini adalah salah satu wisata air yang cukup menegangkan bercampur keseruan. Selain itu juga dapat sebagai wisata alternatif bagi anak-anak yang tidak hanya melihat keindahan Bogor dari Puncak Pass.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018