Bogor (Antaranews Megapolitan) - Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (Fahutan IPB) meresmikan program Sepeda Asuh di Auditorium Silva Pertamina Fahutan, Kampus IPB Dramaga, Bogor (6/10). Program Sepeda Asuh ini dilaksanakan atas kerjasama Fahutan IPB dengan Himpunan Alumni (HA) Fahutan dan Komunitas Bike to Campus IPB. Pada acara peresmian program ini, hadir Rektor IPB, Dr. Arif Satria, Dekan Fakultas Kehutanan, Dr. Ir. Rinekso Soekmadi, MSc, serta para pesepeda dari HA Fahutan dan Komunitas Bike to Campus IPB.

Dalam sambutan dan secara simbolis meresmikan program Sepeda Asuh ini, Rektor IPB menyampaikan  terimakasih dan apresiasi atas terlaksananya Program Sepeda Asuh. Rektor berharap kegiatan ini bisa menjadi langkah yang baik agar nilai-nilai Green Campus bisa benar-benar bisa dilaksanakan secara menyeluruh.

“Fakultas Kehutanan saya rasa merupakan yang terdepan dalam melaksanakan Green Campus dibanding dengan fakultas lain. Maka dari itu saya rasa sangat pantas kita memberikan bantuan Sepeda Asuh ini untuk mahasiswa Fahutan IPB,” ungkap Rektor dalam sambutannya.

Sementara itu, Dr. Rinekso menyampaikan bahwa Fakultas Kehutanan IPB selalu berusaha menjadi yang terdepan dalam pelaksanaan Green Campus 2020 yang semakin dekat. Maka dari itu Fakultas Kehutanan IPB yang bekerjasama dengan Alumni Fahutan dan Komunitas Bike to Campus IPB melaksanakan program sepeda asuh ini.

Program ini pun bukan hanya berhenti di pembagian sepeda, namun mahasiswa yang mengikuti program inilah yang menjadi garda terdepan menuju terwujudnya green campus 2020. Mulai dari menggunakan sepeda atau kendaraan umum ke kampus, menggunakan tumbler hingga peduli sampah. Jumlah sementara sepeda ada  sekitar 50 namun jumlah masih bisa bertambah.

Melalui program ini mahasiswa diberi pinjaman, sepeda dapat digunakan hingga lulus dengan catatan mahasiswa yang bersangkutan masih melakukan daftar ulang sebagai mahasiswa setiap semesternya.

Acara tersebut dilanjutkan dengan ramah tamah antara Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan, Komunitas Bike to Campus bersama mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB. Pihak panitia pun meyampaikan jalur sepeda di kawasan IPB yang bisa digunakan para pesepeda. Nantinya jalur itu bisa dikomersialisasikan yang hasilnya bisa digunakan untuk pengembangan Green Campus IPB. (KD/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018