Bogor (Antaranews Megapolitan) - Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) atau STPP Bogor, menggalang dana donasi untuk korban gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah.

"Hingga hari ini jumlah donasi yang sudah terkumpul sebanyak Rp50.497.600, penggalangan dana masih berlanjut sampai Sabtu," kata Andrianto, koordinator aksi penggalangan dana untuk korban gempa dan tsunami Palu, saat ditemui di lampu merah Tugu Kujang, Jumat.

Boleh dibaca juga: Polbangtan Bbogor wajibkan mahasiswa berbatik nasional

Menurutnya, aksi penggalangan dana telah dilakukan sejak Kamis (4/10) kemarin di mulai dari internal kampus. Mahasiswa mengumpulkan dana dari para mahasiswa dan pengajar, serta pegawai di Kampus Cibalagung dan Cinagara, Kabupaten Bogor.

Penggalangan dana untuk korban gempa dan tsunami masih berlanjut turun ke jalan. Sebanyak 400 mahasiswa Polbangtan dilibatkan melakukan penggalangan dana di 16 titik yang ada di Kota Bogor.

"Kami sudah mendapat izin dari kampus untuk melakukan aksi galang dana untuk Palu ini, sehingga mahasiswa dapat turun ke jalan melakukan aksi solidaritas," katanya.

Kondisi gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah menimbulkan keprihatinan semua pihak, Mahasiswa Polbangtan tergerak untuk ikut membantu meringankan beban warga di Palu, Donggala dan Sigi.

Berita terkait: Polbangtan Bogor salurkan Rp95 juta untuk Sulteng

Bencana alam ini mengakibatkan 1.588 orang meninggal dunia, 2.549 orang luka-luka, 133 korban hilang, 70.821 oranv mengungsi, 65.733 unit rumah rusak.

Ia mengatakan, terdapat satu mahasiswa Polbangtan atas nama Nabila Zulhija yang berasal dari Palu juga terkena dampak, ayah ibu beruntung selamat, tetapi rumahnya hancur. Paman dan bibinya, hilang tersapu tsunami.

"Jadi nanti dana yang terkumpul, kami alokasi beberapa persen untuk Nabila dan keluarganya," kata Andrianto.

Berita terkait: Polbangtan Bogor budayakan bahasa inggris di kampus

Aksi penggalangan dana ini bukan yang pertama kalinya dilakukan oleh Mahasisa Polbangtan. Sebelumnya pernah melakukan penggalangan dana untuk korban Lombok, Rohingnya, dan Palestina.

Untuk menarik perhatian pengendara berdonasi, mahasiswa Polbangtan pun menampilkan hiburan drumband di depan Kampus Polbangtan, Cibalangung.

"Kami menghibur sebagai ucapan terimakasih kepada warga yang telah menyumbang," kata Andrianto.

Bisa juga dibaca: Polbangtan Bogor gelar pasar tani PWMP
 

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018