Bogor, 26/11 (ANTARA) - Memperingati Tahun Baru Islam 1433 Hijriah yang jatuh pada 27 November besok, Pemerintah Kota Bogor menggelar Pawai Tarhib yang diikuti ribuan masyarakat muslim Kota Hujan tersebut, Sabtu.

 Pawai Tarhib merupakan tradisi masyarakat Kota Bogor dalam menyambut datangnya tahun baru Islam dengan melakukan jalan kaki sejauh kurang lebih empat kilo meter sambil melaksanakan shalat sebagai tanda syukur.

Berbeda di tahun sebelumnya, pawai kali ini diwarnai guyuran hujan, tahun ini cuaca mendukung pelaksanaan kegiatan yang dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor Muchtar yang diawali dengan pembacaan do?a oleh Ketua BPMRI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) Kota Bogor Ustadz H. Dede Supriatna.

"Pawai Tarhib sebagai ungkapan untuk mengingatkan kepada seluruh umat Islam bahwa telah datang tahun baru Islam 1 Muharam 1433 Hijriah," kata Wali Kota Bogor Diani Budiarto saat menyaksikan pelepasan pawai tarhib.

Wali Kota mengatakan, tradisi menyambut datangnya tahun baru Islam setiap tahun digelar oleh Pemerintah Kota Bogor untuk mengajak masyarakat bersama-sama menyambut kedatangannya dengan penuh suka cita.

Menurut  Wali Kota, pergantian tahun baru Islam di Kota Bogor berbeda dengan tahun baru masehi, kalau tahun masehi pergantian tahunnya di rayakan tengah malam, sedangkan tahun baru Islam selepas sholat Ashar.

Sementara itu, iring-iringan pawai berjalan kaki dimulai dari Plasa Balai Kota Bogor di Jalan Juanda menuju Masjid Nurul Ma'i di Jalan Siliwangi Bogor Timur.

Iring-iringan tarhib diawali dengan pasukan Marching Band Pusdikzi TNI AD, selanjutnya Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang membawa puluhan bendera Partai Politik (Parpol) yang ada di Kota Bogor.

Menyusul di belakang rombongan Wali Kota Bogor Diani Budiarto bersama unsur Muspida, MUI (Majlis Ulama Indonesia), para ulama, pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Kota Bogor. para Camat dan Lurah se Kota Bogor.

Rombongan berikutnya pembawa bendera ormas-ormas Islam yang ada di Kota Bogor yang diikuti ribuan jamaah Majlis Taklim, Pondok Pesantren, Dewan Kemakmuran Masjid, Pengurus BAZ (Badan Amil Zakat), pelajar, TPA (Taman Pendidikan Al Quran) dan remaja Masjid.  Tarhib Muharam  juga  dimeriahkan penampilan grup Marching Band Gitaswara Pakuan, dan grup Marching Band dari Madrasah Aliyah (MAN) 2 Bogor.

 Tarhib dilepas tepat pukul 15.30 dengan rute tarhib dimulai dari Plaza Balaikota Bogor beriringan menuju Pasar Bogor Jalan Suryakencana dan berakhir di Jalan Siliwangi Masjid Nurul Mai PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor.

 Iring-iringan tersebut sempat membuat macet arus lalu lintas kendaraan yang dilintasi iring-iringan pawai. Petugas DLLAJ dan Satlantas Polres Bogor diturunkan mengatur arus lalu lintas tidak tersendat.

Sesampainya di Masjid Nurul Ma'i  peserta tarhib mengikuti Tabligh Akbar yang disampaikan KH Tajudin Hasan Imam besar Masjid Istana Kepresidenan RI.

Usai shalat Magrib berjamaah dilanjutkan dengan pembacaan doa awal tahun 1433 Hijriah.

"Dengan datangnya tahun baru Islam ini mari kita menyambut dengan penuh semangat. Jadikan awal tahun ini perbaikan, pertengahannya kegembiraan dan akhirnya kesuksesan bagi kita semua," kata Wali Kota.

Laily R

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2011