Cibinong, Bogor (Antaranews Megapolitan) - Bupati Bogor, Jawa Barat, Nurhayanti mengapresiasi atas inisiatif Persani (Persatuan Senam Indonesia) membuat kreasi menciptakan senam Tegar Beriman dengan mengambil inspirasi dari nilai-nilai kearifan lokal.

"Ini adalah salah satu cara dimana melalui pengembangan senam tegar beriman ini, dapat meningkatkan peran aktif dalam membudayakan pola hidup sehat bagi masyarakat," katanya di Gedung Serbaguna 1 Cibinong, Selasa.

Menurut dia kegiatan pelatihan senam kebugaran jasmani tegar beriman ini segera diperkenalkan secara intensif guna memperluas penyebarannya di tengah masyarakat.

Selain itu juga harus melakukan penyebaran senam tersebut untuk melakukan sinergi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) dan nantinya agar dapat masuk pada kurikulum di lingkungan sekolah-sekolah pada daerah setempat.

Namun hal itu nantinya juga akan melakukan pengembangan berupa perlombaan antar sekolah dasar, menengah pertama, dan menengah atas. Dimana siswa-siswinya harus menampilkan gerakan pada senam kreasi tersebut.

"Saya yakin hal tersebut dapat dijadikan alternatif pemasyarakatan yang cukup efektif, dan sebagai salah satu ikon dimana Kabupaten Bogor juga harus tampil beda," katanya.

Tetapi pada gerakan senam itu juga harus memiliki dasar 5M (Massal, Mudah, Menyenangkan, Murah dan Manfaat). Dengan begitu, ini juga dapat memberikan inspirasi bahwa untuk hidup sehat dan berkualitas tidak memerlukan kegiatan olahraga yang berat atau biaya mahal.

"Senam merupakan gerakan yang ringan akan tetapi memberikan dukungan yang signifikan bagi terbentuknya tubuh yang sehat, bugar, dan berkualitas dengan jiwa yang kuat, gembira dan bebas tekanan," katanya.

Sementara itu, Ketua Persani Kabupaten Bogor, Achmad Wildan, menjelaskan bahwa senam tegar beriman mengambil inspirasi dari lagu tegar beriman itu sendiri dan lagu-lagu Jawa Barat.

Sedangkan untuk koreografi, gerakan di ambil dari gerakan dasar senam, silat khas Indonesia, dan gerakan tersebut juga mengambilnya dari seni tari Jawa Barat.

Perpaduan inilah yang kita angkat melalui gerakan senam tegar beriman. Untuk itu kita targetkan pada tahun 2018 ini 200 orang untuk mengikuti pelatihan ini" katanya.

Selain itu senam ini juga kalender program Persani untuk menyukseskan pelaksanaan Porda XIII Jawa Barat yang akan dilaksanakan di Bulan Oktober nanti di Bumi Tegar Beriman.
 

Pewarta: Mayolus Fajar D

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018