Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memastikan kebakaran yang melanda hutan Gunung Suta sudah berhasil dipadamkan.

"Sejak pagi hingga sore kami menyisir titik-titik api dan bara yang masih menyala seluruhnya sudah padam," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman di Sukabumi, Selasa.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran tersebut karena dirinya menerima laporan terjadinya kebakaran hutan di Gunung Suta di Desa Semplak dan Priangan Jaya, pada Senin (17/9).

Kobaran api yang membakar gunung tersebut di lokasi yang cukup tinggi. Bahkan, dapat dilihat dari radius belasan hingga puluhan kilometer. Informasinya ada tiga kebakaran di daerah tersebut, namun seluruhnya berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polres Sukabumi Kota dalam penanganan kebakaran itu, termasuk penyelidikan terkait dengan penyebab terjadinya kebakaran.

Luas lahan yang terbakar di gunung tersebut, hingga saat ini masih dalam penghitungan.

"Kami juga mengimbau pada musim kemarau ini warga tidak melakukan aktivitas yang bisa memicu kebakaran apalagi di lahan kering, seperti membuang puntung rokok sembarang atau membakar sesuatu yang apinya bisa membesar serta merembet," katanya.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro mengatakan pihaknya masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran di Gunung Suta tersebut.

Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018