Bogor (Antaranews Megapolitan) - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Arif Satria melakukan penanaman tanaman hortikultura bersama ribuan mahasiswa baru di area sekitar Asrama Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU), Kampus IPB Dramaga Bogor (12/8). Aneka benih dan bibit hortikultura diantaranya cabai, tomat, bayam dan kangkung ditanam bersama dalam suasana keceriaan.

“Ini merupakan langkah kecil dari kegiatan pertanian kita. Yang paling simple atau sederhana adalah menanam tanaman hortikultura yang proses panennya singkat. Merawat tanaman sama dengan merawat kehidupan. Tantangan kita pertama adalah bagaimana merawat tanaman-tanaman ini agar bisa hidup. Mengamati perkembangan tanaman akan membangkitkan rasa cinta kita terhadap dunia pertanian dan alam ini," ujar Rektor IPB.

Harapannya, dengan adanya kegiatan ini mahasiswa baru mulai jatuh cinta pada pertanian dan kegiatan menanam. Karena IPB ke depan akan diarahkan untuk menghasilkan orang-orang yang terjun langsung dalam bidang pertanian.

“Semoga dengan terjun langsung seperti ini, mahasiswa lebih mengetahui masalah yang ada di lapangan. Sensitivitas kita terhadap adanya masalah juga akan meningkat dan menambah kecintaan kita terhadap masyarakat. Selain itu, dengan terjun langsung ke lapangan, kita dapat menangkap problem-problem sosial yang ada. Itulah yang mendasari IPB harus hadir di masyarakat, mendampingi masyarakat dan sekaligus belajar dari masyarakat,” tutur Rektor.

Selain mahasiswa PPKU IPB dan para senior resident (SR), kegiatan ini juga dihadiri oleh jajaran pimpinan PPKU, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB, BEM KM IPB dan mahasiswa dari Asrama Kepemimpinan IPB. (rf/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018