Jakarta (Antaranews Megapolitan) - Timnas Indonesia yang sudah memastikan langkah ke semifinal Piala AFF U-16 2018 masih menunggu calon lawan  dari grup B.
    
Dari grup A lolos Indonesia dan Myanmar. Sementara pertandingan terakhir Grup B antara Laos dan Malaysia akan bertarung di Stadion Joko Samudro, Gresik, Selasa (7/8). Partai Lainnya, Singapura melawan Brunei.
    
Indonesia tampil sempurna pada babak penyisihan Grup A turnamren Piala AFF U-16 2018. Tim polesan Fakhri Husaini ini sapu bersih memenangkan lima laga untuk memuncaki klasemen dengan raihan nilai 15.
    
Kemenangan pada laga terakhir di grup A didapat dari Kamboja. Indonesia menang 4-0 pada laga yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (6/8).
    
Laga Indonesia versus Kamboja berlangsung emosional. Sebelum pertandingan dimulai, semua pemain dan anggota tim menyempatkan diri untuk mengheningkan cipta sejenak. Para pemain dan anggota tim Indonesia juga memakai pita hitam di lengan.
    
Ritual ini dilaksanakan untuk mengungkapkan simpati dan doa bagi korban bencana gempa bumi di Lombok. Lebih dari 90 orang tewas akibat gempa berkekuatan 7 SR yang terjadi pada Minggu malam.
  
Pesta gol timnas dibuka oleh gol Rendy Juliansyah pada menit ke-11. Kemudian Amiruddin Bagus memperbesar keunggulan timnya dengan mencetak tiga gol dalam pada menit ke-21, 34 dan penalti pada menit ke-43.
    
Meski turun dengan tim yang hampir separuhnya berbeda dari beberapa laga, tim ini tetap menampilkan permainan menyerang yang apik dan efektif.

"Perubahan pemain yang saya lakukan tidak mempengaruhi permainan tim ini. Kami bisa terus bermain dengan cara kami. Pemain tetap melakukan permainan menyerang yang efektif, mampu memperagakan transisi negatif dan positif dengan baik pula," kata Fakhri dalam situs resmi PSSI.    

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018