Purwakarta (Antaranews Megapolitan) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menetapkan pasangan Anne Ratna Mustika-Aming sebagai Bupati-Wakil Bupati Terpilih pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat Ramlan Maulana, di Purwakarta, Kamis, mengatakan, penetapan bupati dan wakil bupati terpilih itu sesuai dengan Keputusan KPU Purwakarta Nomor 69/PL.03.7-Kpt/3214/KPU-Kab/VII/2018 Tentang Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta Tahun 2018. 

"Kita sudah melakukan tahapan rapat pleno. Dari pleno terbuka ini ditetapkan sebagaimana hasil rekapitulasi bahwa suara terbanyak itu diperoleh oleh calon nomor urut dua, yakni Anne dan Aming," katanya. 

Dari hasil rekapitulasi KPU Purwakarta, total suara yang masuk pada Pilkada serentak di Purwakarta mencapai 518.428. Sebanyak 22.062 suara tidak sah dan suara sah sebanyak 496.366 suara. 

Untuk perincian perolehan suara, pasangan nomor urut 1 (Padil-Aman) sebanyak 87.330, pasangan calon nomor urut 2 (Anne-Aming) memperoleh 218.429 suara dan pasangan calon nomor urut 3 (Zainal-Luthfi) sebanyak 190.607.   

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Purwakarta Oyang Este Binos mengatakan, secara umum pelaksanaan Pilkada di Purwakarta berjalan aman dan lancar. 

Sepanjang tahapan pilkada di Purwakarta, kata dia, pihaknya mencatat ada 34 laporan maupun temuan yang masuk, tetapi tidak terpenuhi unsur pidana.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018