Cikarang, Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyelenggarakan lelang terbuka jabatan empat kepala dinas di lingkungan pemkab setempat, yakni Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Arsip dan Perpustakaan, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

"Ada 16 pejabat eselon IIIA yang ikut lelang jabatan di empat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) tersebut," kata Kepala Badan Pendidikan, Pelatihan, dan Kepegawaian Daerah Pemkab Bekasi Oded S Yahya di Cikarang, Kamis.

Ia mengatakan sejak pendaftaran lelang jabatan dibuka beberapa waktu lalu, ada 17 pejabat eselon IIIA yang mendaftar, namun satu di antaranya dinyatakan tidak lolos karena berkas tidak lengkap.

Peserta lelang jabatan yang lolos administrasi akan mengikuti serangkaian tes, seperti penelusuran rekam jejak, seleksi kompetensi manajerial, tes kesehatan, dan wawancara.

"Tesnya sudah mulai berjalan, dilakukan di Lembaga Administrasi Negara Jatinangor," katanya.

Oded mengatakan dalam tahapan lelang, nantinya setiap dinas akan muncul tiga nama calon kepala dinas, sedangkan untuk selanjutnya, bupati akan menentukan siapa yang lolos dalam lelang jabatan tersebut.

Lelang jabatan untuk mengisi kekosongan jabatan kepala dinas di empat OPD tersebut yang ditinggalkan pejabat sebelumnya.

Ia menjelaskan untuk Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi diketahui masing-masing kepala dinas sudah memasuki masa pensiun, sedangkan untuk Dinas Perhubungan jabatan kepala dinasnya kosong.

"Di BPBD juga akan terjadi kekosongan. Meskipun kepala BPBD pensiunnya masih di Oktober, namun berdasarkan koordinasi dengan BKN diperbolehkan untuk melakukan lelang jabatan," katanya.

Oded berharap, rangkaian tes dapat dilewati dengan baik oleh peserta lelang jabatan hingga keputusan penentu pejabat di tangan bupati.

"Itu hak prerogatif bupati, pasti beliau memiliki penilaian tersendiri. Yang jelas mereka yang duduk di kursi baru nanti pantas ada di situ karena kompetensinya," katanya.

Nama-nama pejabat setempat yang mengikuti lelang jabatan, Adeng Hudaya, Dodo Hendra Rosika, Ted Heraldi, dan Tuftana untuk seleksi jabatan kepala BPBD.

Selain itu, Bennie Yulianto Iskandar, Deni Hataji, Yana Suyatna, serta Yan Yan Akhmad Kurnia untuk calon kepala Dinas Perhubungan, Dede Suryawan, Didik Setiadi, Henri Lincoln, dan Jaoharul Alam bersaing dalam seleksi jabatan kepala Dinas Lingkungan Hidup, sedangkan Beni Saputra, Dedy Supriadi, Iman Santoso, dan Subarnas untuk seleksi jabatan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.
 

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto dan Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018