Bogor (Antaranews Megapolitan) - Program Keahlian Komunikasi Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali mengadakan kegiatan festival budaya sebagai tugas akhir mata kuliah Komunikasi Antar Budaya (13/5). Kegiatan bertajuk Festival Budaya Nusantara (FBN) ini melibatkan peserta sebanyak 335 mahasiswa yang terbagi ke dalam 18 kelompok budaya dari berbagai daerah, diantaranya Aceh, Minangkabau, Bangka Belitung, Palembang, Batak, Jawa Barat, Betawi, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, Makassar, Manado, Maluku, Toraja, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Papua.

Direktur Sekolah Vokasi IPB Dr. Bagus P. Purwanto, M.Agr menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Pemerintah Kota Bogor yang telah mendukung dan memfasilitasi tempat untuk berlangsungnya kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan bentuk aplikasi dari pembelajaran pada pendidikan Vokasi.

Rektor IPB, Dr. Arif Satria mengatakan aktivitas ini merupakan bentuk mata kuliah yang menjelma menjadi aktivitas yang kemudian menjadi tambahan soft skill bagi mahasiswa.

“Mahasiswa memiliki pengalaman dalam mengelola event dan kemampuan kolaborasi serta kemampuan me-manage tampilan-tampilan dalam konteks kebudayaan. Ini juga bagian dari upaya mahasiswa dalam mengenalkan dan melestarikan budaya Indonesia dan hal ini harus terus dilakukan agar budaya Indonesia bisa dikenal luas oleh dunia,” ujarnya.

FBN XI 2018 ini merupakan event tahunan yang sudah digelar sejak tahun 2006. Di tahun ini, FBN XI mengangkat tema “Harmoni Indonesiaku” yang bermakna perbedaan adalah anugerah dari Tuhan untuk kita nikmati bukan untuk kita ingkari. Keragaman suku bukan perbedaan suku, keragaman budaya bukan perbedaan budaya, keragaman ras dan agama bukan perbedaan ras dan agama, perbedaaan dapat menimbulkan perpecahan namun keberagaman akan melahirkan harmoni yang indah.(**/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018