Bekas (Antaranews Megapolitan) - Ribuan umat Muslim di Kota Bekasi, Jawa Barat menjalani Shalat Idul Fitri 1439 Hijriah, Jumat pagi, di sejumlah pusat perbelanjaan mal dan jalan umum.

Pantauan Antara, sejumlah mal yang pengelolanya memfasilitasi Shalat Id di antaranya Bekasi Cyber Park (BCP) di Jalan K.H. Noer Alie Kalimalang dan Grand Mal di Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Bekasi Barat.

"Shalat Id di BCP ini memang sudah biasa dilakukan setiap tahun bertempat di pelataran parkir timur yang biasanya digunakan untuk parkiran mobil," kata juru parkir BCP, Elwin (23).

Dia mengatakan mayoritas jamaah Shalat Id di lokasi itu didominasi oleh umat muslim dari organisasi Muhammadiyah yang tersebar di Kelurahan Kayuringin dan sekitarnya.

Pelataran parkir mal tersebut semula merupakan lokasi alternatif bagi jamaah yang tidak tertampung shalat di Islamic Center karena jaraknya yang saling berdekatan atau sekitar 200 meter.

"Biasanya jamaah yang tidak tertampung di Islamic Center ditampung di BCP, tapi lama-lama jadi tempat favorit masyarakat sekitar karena aksesnya yang dekat dengan rumah dan kos-kosan," katanya.

Juru parkir Grand Mal, Junaedi (39), mengatakan pihak manajemen mal bekerja sama dengan kalangan organisasi kemasyarakatan (ormas) setempat sepakat memfasilitasi ribuan warga di Perumnas 1 dan sekitarnya untuk melaksanakan Shalat Id di pelataran parkir mobil seluas 700 meter persegi.

"Warga di Perumnas 1 memang yang paling banyak shalat di sini," katanya.

Warga di lokasi tersebut nampak berdatangan ke lokasi sejak pukul 06.00 WIB saat seluruh "tenant" belum beroperasi.

"`Tenant` di sini baru buka jam 09.00 WIB, kecuali restoran cepat saji yang buka 24 jam, tapi saat Id berlangsung mereka tutup dulu sebentar," katanya.

Penutupan akses Jalan Pekayon-Pondokgede nampak dilakukan Dewan Kemakmuran Masjid At Taqwa Pekayonjaya, Kecamatan Bekasi Selatan untuk tempat beribadah di badan jalan umat Islam setempat.

Akses jalan penghubung Kota Bekasi menuju Jalan Cibubur via Komsen Jatiasih itu ditutup sejumlah petugas berpakaian bhabinkamtibmas mulai dari simpang Perumahan Pekayon Indah (PPI) hingga simpang Pekayon di Perumahan Century II sejak pukul 05.30 WIB.

Petugas menutup jalan menggunakan bangku kayu dan papan sambil mengarahkan kendaraan umum dan pribadi yang melintas menuju jalan alternatif Jalan Katalang II Perumahan PPI.

Penutupan jalan itu dilakukan DKM sebab masjid yang berdiri di atas lahan sekitar 750 meter persegi itu hanya mampu menampung sekitar 400 umat, sedangkan sisanya melaksanakan shalat di badan jalan.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018