Bogor (Antaranews Megapolitan) - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) menyalurkan donasi dari pelanggan melalui pembagian sembako serta santunan kepada anak yatim dan dhuafa untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan 2018.

Pejabat Komunikasi Korporat Alfamart Ivan Ganevan, Sabtu, mengatakan, 100 paket sembako disalurkan untuk Alfamart area Bogor yang meliputi Kota dan Kabupaten Bogor, Depok dan tiga kecamatan di Jakarta Timur.

"Paket sembako dan santunan ini bersumber dari donasi pelanggan yang kami himpun tahun 2017 dari tanggal 1 sampai 31 Juni," kata Ivan.

Ia mengatakan, sejak tahun 2015 Alfamart telah menjalankan program donasi pelanggan yang dikumpulkan dari 32 cabang Alfamart seluruh Indonesia. Donasi tersebut berasal dari pelanggan yang berbelanja ke Alfamart yang uang kembaliannya ditawarkan untuk didonasikan.

Menurutnya donasi yang terhimpun dari pelanggan Alfamart mencapai Rp2,2 miliar, dan setiap tahun terus meningkat.

Berita terkait: Alfamart gandeng Antara santun -anak yatim-dhuafa

Dana donasi tersebut dialokasikan oleh Alfamart kepada masyarakat melalui kegiatan sosial dan pendidikan, seperti bantuan peralatan sekolah, bantuan pendidikan bagai anak kurang mampu, perbaikan jembatan, Lazis NU, perbaikan sarana tempat wudhu, dan membantu masyarakat prasejahtera.

Ia menyebutkan, penggalangan donasi pelanggan ini haruslah seizin Kementerian Sosial, demikian pula penyalurannya berdasarkan pentunjuk dari dinas sosial di wilayah.

"Uang yang terkupul dari donasi pelanggan Alfamart ini disalurkan oleh yayasan yang sudah bekerja sama dengan Alfamart, dan atas sepengetahuan dinas sosial," katanya.

Ivan menambahkan, donasi pelanggan Alfamart tidak dipaksakan. Pelanggan hanya ditawarkan untuk berdonasi atas keikhlasan.

Penyaluran donasi pelanggan Alfamart fokus untuk kegiatan sosial, dan pendidikan masyarakat, termasuk pemberdayaan seperti pelatihan manajemen ritel, pemberdayaan perempuan dalam kegiatan Hari Kartini, dan bantuan pendidikan bagi anak kurang mampu.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018